Pasar Saham Asia Ikuti Kenaikan Wall Street Menjelang Pertemuan Fed

Pasar saham Asia naik pada hari Selasa, mengikuti kenaikan di Wall Street yang mencapai rekor tertinggi, karena investor mengantisipasi pertemuan Federal Reserve AS dan bank sentral lainnya minggu ini yang diperkirakan akan pertahankan kebijakan akomodatif untuk membantu mendorong pemulihan ekonomi global pasca pandemi.

Indeks pasar saham Asia-Pasifik tidak termasuk Jepang menguat 0,69%, dipimpin oleh kenaikan 1,2% pada indeks acuan S&P/ASX 200 Australia.

Indeks Nikkei 225 Jepang naik 0,5% tepat di bawah angka 30.000 yang sangat diantisipasi. Sementara indeks Topix Korea naik 0,65%. Indeks blue chip CSI 300 China naik 0,55%, dan Hang Seng Hong Kong naik 0,46%.

Pada hari Senin, S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average keduanya melonjak karena kenaikan saham perjalanan karena vaksinasi massal di Amerika Serikat dan persetujuan kongres atas stimulus bantuan $1,9 triliun memicu optimisme investor.

Imbal hasil Treasury AS jangka panjang merosot lebih jauh pada hari Selasa, karena pasar memantau lelang obligasi pemerintah dan pertemuan kebijakan dua hari Fed, yang akan ditutup pada hari Rabu. Imbal hasil obligasi 10-tahun, yang mencapai lebih dari satu tahun tertinggi 1,642% minggu lalu, kembali ke angka 1,125%.

Lonjakan imbal hasil sebelumnya berasal dari investor yang berspekulasi bahwa ekspektasi inflasi yang meningkat dapat mendorong Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) untuk memberi sinyal akan mulai menaikkan suku lebih cepat dari yang diharapkan.

Pembuat kebijakan Fed diperkirakan menilai bahwa ekonomi AS akan tumbuh pada tahun 2021 dengan laju tercepat dalam beberapa dekade, saat pulih dari tahun 2020 yang dilanda virus corona.

Bank of England juga mengadakan pertemuan minggu ini pada hari Kamis, sementara pertemuan Bank of Japan akan berakhir pada hari Jumat.

Di pasar saham Wall Street, Dow Jones Industrial Average naik 174,82 poin, atau 0,53% menjadi 32.953,46, S&P 500 naik 25,6 poin, atau 0,65%, menjadi 3.968,94 dan Nasdaq Composite tetap tidak berubah.

Pasar saham Eropa tampaknya akan memperpanjang reli global, dengan bursa berjangka Euro Stoxx 50 naik 0,2% dan FTSE berjangka naik 0,5% pada transaksi awal. Pada hari Senin, indeks STOXX 600 menyentuh level tertinggi di lebih dari setahun sebelum berakhir datar. E-mini berjangka untuk S&P 500 naik tipis 0,04%.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Pandemi Diyakini Mereda, Harga Minyak Naik

JAVAFX - OPEC pada Selasa (13/04/2021) menaikkan perkiraan pertumbuhan permintaan minyak dunia tahun ini di tengah ekspektasi pandemi akan mereda, memberikan bantuan bagi kelompok...

Upaya Rebound Dolar Dan Tinggalkan ‘Rongrongan’ Obligasi

Dolar sedikit menguat di awal sesi perdagangan Eropa, masih didukung oleh penjualan ritel yang kuat dan data pasar tenaga kerja yang positif pada hari Kamis.

Afsel: DP vaksin Johnson & Johnsondan Pfizer tak bisa dikembalikan

Uang muka (DP) pembelian vaksin COVID-19 Johnson & Johnson dan Pfizer dari pemerintah Afrika Selatan tidak bisa dikembalikan apa pun kondisinya, seperti diungkap Menteri...

Alasan Arab Saudi Jalankan Komitmen Pangkas Produksinya

JAVAFX - Disiplin produksi yang ketat oleh OPEC dan mitranya adalah alasan paling wahid, mengapa harga minyak berhasil melakukan pemulihan yang luar biasa dan...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502