Pasokan Naik Secara Mengejutkan, Harga Minyak Turun

JAVAFX – Harga minyak pada perdaganagn di hari Rabu (12/06/2019) mencatatkan penutupan terendah sejak Januari karena pasokan minyak mentah AS naik untuk minggu kedua berturut-turut . Selain itu, dorongan penurunan juga muncul dari adanya kekhawatiran tentang permintaan energi yang akan tertahan setelah ketegangan perdagangan AS-China meningkat.

Secara umum, tren yang mendominasi perdagangan masih tetap bearish karena pasokan minyak AS naik lebih dari 10% tahun ini, dan naik, sementara perang perdagangan masih menjadi angin sakal yang signifikan karena ekspektasi permintaan dipengaruhi secara negatif.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli turun $ 2,13, atau 4%, berakhir di $ 51,14 per barel di New York Mercantile Exchange (NYMEX). Ini merupakan penyelesaian kontrak untuk bulan depan terendah sejak 14 Januari. Sementara dalam perdagangan di bursa komoditi London, harga minyak mentah Brent untuk kontrak pengiriman bulan Agustus turun $ 2,32, atau 3,7%, menjadi $ 59,97 per barel di ICE Futures Europe. Ini merupakan harga penutupan terendah untuk kontrak bulan depan sejak 28 Januari. Kedua komoditas minyak mentah ini telah berakhir datar pada perdagangan di hari Selasa.

Lembaga Informasi Energi AS pada hari Rabu melaporkan bahwa pasokan minyak mentah AS naik 2,2 juta barel untuk pekan yang berakhir 7 Juni. Itu menandai kenaikan mingguan kedua berturut-turut. Analis yang disurvei oleh S&P Global Platts rata-rata memperkirakan kenaikan moderat 80.000 barel untuk stok minyak mentah. Sementara American Petroleum Institute pada hari Selasa melaporkan kenaikan hampir 4,9 juta barel.

Terlihat bahwa ditengah upaya pengendalian pasokan minyak, lonjakan produksi minyak mentah AS ini menjadi kontra produktif. Secara mengejutkan bahkan terjadi peningkatan yang dramatis di pusat perdagangan minyak AS Cushing, Oklahoma. Jumlah pasokan yang telah ditambahkan ke Cushing dalam beberapa pekan terakhir cukup tidak lazim. Sebagaimana dilaporkan oleh EIA , terjadi peningkatan pasokan lebih dari 2 juta barel pada minggu lalu. (WK)

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Serang Biden, Trump Isyaratkan Akan Calonkan Diri Lagi 2024

Kurang dari enam minggu setelah meninggalkan jabatan, mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Minggu (28/2) melancarkan serangkaian serangan terhadap penerusnya. Trump mengatakan Presiden...

Harga Minyak Tinggi, Arab Saudi dan Rusia Berunding Kembalikan Tambahan Produksi

JAVAFX - Arab Saudi dan Rusia berbicara tentang membawa kembali 1 juta barel per hari online ke pasar minyak, Wall Street Journal melaporkan pada...

Fraksi Demokrat Ingin Biden Lepaskan Otoritas Tunggal Peluncuran Nuklir

Presiden Amerika Serikat, yang selalu didampingi oleh seorang pembantu militer yang membawa tas berisi kode peluncuran nuklir, memiliki kewenangan tunggal untuk memerintahkan perang nuklir...

Biden Akan Umumkan Sikap Terkait Arab Saudi

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakah bahwa Pemerintah AS pada Senin (29/2) akan mengumumkan sikapnya terkait Arab Saudi. "Akan ada pengumuman pada Senin (29/2)...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502