PDB AS Tumbuh Luar Biasa, FED Bisa Makin Agresif dan Harga Emas Terdesak

Dalam sebuah laporan pemerintah Amerika Serikat terkini, menunjukkan pertumbuhan ekonomi mereka yang luar biasa dalam di Q4. Hal ini semakin memperkuat alasan Bank Sentral AS dalam menarik kebijakan moneter longgarnya, sebagaimana disampaikan paska pertemuan berkala FOMC kemarin. Tentu saja, sikap Fed yang makin hawkish ini menjadi sentiment negative yang nyata untuk emas dan membuat harga turun tajam.

Pada Jumat dinihari, 03:43 wib, harga emas di  bursa berjangka AS, Comex – untuk  kontrak bulan Februari 2022 diperdagangkan $36 lebih rendah atau turun -1,97% dan ditetapkan pada $1793,70. Sementara kontrak April yang akan segera menjadi bulan kontrak paling aktif juga harus kehilangan $36,50 dan saat ini ditetapkan pada $1795,50.

Hari ini Biro Analisis Ekonomi bagian dari Departemen Perdagangan AS merilis perkiraan awal Produk Domestik Bruto untuk kuartal keempat tahun 2021. Ini mengungkapkan pertumbuhan yang sangat kuat selama kuartal terakhir tahun 2021. Dalam paparannya, disebutkan bahwa “Produk domestik bruto riil (PDB) meningkat pada tingkat tahunan sebesar 6,9 persen pada kuartal keempat tahun 2021, mengikuti peningkatan 2,3 persen pada kuartal ketiga. Akselerasi pada kuartal keempat dipimpin oleh kenaikan ekspor serta percepatan dalam investasi inventaris dan belanja konsumen. Pada kuartal keempat, kasus COVID-19 mengakibatkan berlanjutnya pembatasan dan gangguan pada operasi perusahaan di beberapa bagian negara. Pembayaran bantuan pemerintah dalam bentuk pinjaman yang dapat dimaafkan kepada bisnis, hibah kepada pemerintah negara bagian dan lokal, dan manfaat sosial untuk rumah tangga semuanya menurun karena ketentuan dari beberapa program federal berakhir atau dikurangi.”

Ini adalah perkiraan awal dengan angka akhir yang akan dirilis pada 24 Februari 2022. Ini adalah lompatan besar dari PDB kuartal ketiga yang hanya 2,3%. PDB saat ini dalam dolar meningkat 14,3% pada tingkat tahunan $790 miliar, membawa PDB kuartal keempat ke tingkat 23,99 triliun. PDB pada triwulan III meningkat sebesar 8,4% atau 461 miliar.

Secara bersamaan laporan tersebut menunjukkan bahwa pendapatan pribadi telah meningkat $106 miliar pada kuartal keempat dibandingkan dengan peningkatan $127 miliar pada kuartal ketiga. Secara kolektif pada 2021 PDB riil naik sebesar 5,7%. PDB riil tahun 2020 menunjukkan penurunan sebesar 3,4%. Indikasi yang sangat kuat dari pemulihan ekonomi yang kuat saat ini sedang bermain di AS.

Mengutip pernyataan Federal Reserve dskonferensi pers ketua Powell di mana Federal Reserve untuk pertama kalinya sejak dimulainya resesi pada awal 2020 mengisyaratkan tanggal ketika normalisasi atau pengangkatan suku bunga akan dimulai. Ketua Powell pertama-tama mengatakan “segera, tetapi mengklarifikasi pernyataan yang menunjukkan bahwa kenaikan tingkat pertama akan terjadi pada bulan Maret. Dia juga mengatakan bahwa proses pengurangan pembelian aset bulanan mereka dari 120 miliar menjadi nol akan selesai pada bulan Maret.

Satu-satunya peringatan adalah tentang mengurangi inflasi dengan cepat. Niat The Fed untuk mulai menaikkan suku bunga untuk mengurangi inflasi di tahun depan akan sulit dan tidak mungkin. Indeks Harga Konsumen untuk Desember 2020 mencapai 7%, level yang tidak terlihat sejak 1982. Dia juga menyebutkan bahwa mereka mengantisipasi bahwa angka inflasi vis-à-vis CPI yang kemungkinan besar akan meningkat ketika angka Januari dirilis menciptakan skenario yang mengerikan. dalam rangka mengurangi tekanan inflasi.

Pendek kata, kenaikan suku bunga sebesar 1% atau bahkan 1 % tahun ini tentu tidak akan mengurangi tingkat inflasi saat ini. Pengurangan inflasi di atas 6% adalah proses multi-tahun dan banyak analis termasuk saya sendiri percaya bahwa diperlukan waktu minimal 2 hingga 4 tahun untuk secara efektif mengurangi inflasi ke tingkat target pilihan Fed sebesar 2%.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.