Peluang Trading AUDUSD: Selasa, 20 Februari 2024

0
82

Tren AUDUSD Timeframe H1: Bullish (potensi Koreksi)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Dolar Aussie melemah dan berpotensi menghentikan kenaikan beruntun AUDUSD, atas melemahnya Indeks ASX 200 dan pulihnya dolar AS karena imbal hasil obligasi AS yang kembali menguat.

Outlook:
Dolar Australia (AUD) berpotensi menghentikan kenaikan selama empat hari di tengah kenaikan dolar AS yang ditopang oleh kenaikan yield obligasi AS, memberikan tekanan pada pasangan AUDUSD.

Dolar Aussie menghadapi tekanan imbas Indeks S&P/ASX 200 juga menghentikan kenaikan beruntunnya, dengan saham-saham pertambangan dan energi menurun di tengah melemahnya harga komoditas.

Dolar Australia menghindari reaksi terhadap notulen Reserve Bank of Australia (RBA) dari pertemuan kebijakan moneter bulan Februari. Dewan RBA membahas kemungkinan kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) atau mempertahankan status quo.

RBA mencatat bahwa akan “perlu waktu” sebelum dewan dapat cukup yakin tentang inflasi, sehingga para anggota dewan sepakat bahwa kenaikan suku bunga tidak perlu dikesampingkan. Hal ini tidak memberikan dorongan dolar Aussie menguat.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para investor memantau pergerakan dolar dan yield obligasi, sambil menunggu rilis Notulen Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) AS yang dijadwalkan pada Rabu, besok, mengingat tidak ada data ekonomi utama yang dapat menggerakkan pasar.

Peluang Trading:
Melemahnya Indeks S&P/ASX 200 menahan AUDUSD melanjutkan kenaikan beruntun bersamaan dengan Reserve Bank of Australia yang menyatakan perlu waktu inflasi stabil turun. Pulihnya dolar AS mengikuti yield obligasi AS yang bertahan di atas 4.30%, berpotensi melemahkan dan menekan AUDUSD.
Secara teknikal grafik pada timeframe H1 menunjukkan AUDUSD menunjukkan pembalikan arah dan masih cukup rentan lanjutkan koreksi atas kenaikan dalam empat hari terakhir. Harga saat ini berada di sekitar Exponential Moving Average (EMA)50 namun masih cukup dekat di atas EMA100 dan 200 dengan Indikator Relative Strength Index saat ini sedikit di bawah garis tengah. Penembusan harga ke atas level Pivot akan membawa AUDUSD naik menuju level 0.6550. Sementara, penurunan kembali ke bawah EMA50, akan membawa AUDUSD menuju EMA200.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 0.6524, dengan target profit di level 0.6517 hingga 0.6514.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 0.6533, dengan target profit di level 0.6539 hingga 0.6542.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.