Peluang Trading EURUSD: Jumat, 15 Maret 2024

0
150

Tren EURUSD: Bearish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
EURUSD tertekan dan berpotensi lanjutkan penurunan atas penguatan dolar AS imbas kenaikan data Indeks Harga Produsen (PPI) AS. Sikap dovish dari para pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) yang melemahkan sentimen terhadap euro juga berkontribusi atas penurunan EURUSD.

Outlook Fundamental:
EURUSD lanjutkan tren penurunan selama dua hari berturut-turut, saat ini berada di sekitar level 1,0875 di sesi Asia pada hari Jumat, atas penguatan dolar AS yang saat ini di sekitar area 103.03, didukung oleh kenaikan data Indeks Harga Produsen atau inflasi harga produsen AS.

PPI tahunan AS di bulan Februari naik 1,6% dari bulan lalu 1,0% di atas ekspektasi 1,1%, inflasi bulanan naik 0,6%, dari data sebelumnya 0,3% dan di atas ekspektasi. PPI inti tahunan stabil dengan kenaikan 2,0% di atas ekspektasi 1,9%. PPI inti bulanan naik 0,3% dari data sebelumnya 0,5%.

Data ini menambah ketidakpastian terhadap suku bunga Federal Reserve (Fed). Menurut CME FedWatch Tool, peluang penurunan suku bunga bulan Maret di 1,0%, untuk bulan Mei turun menjadi 7,7%, peluang penurunan di Juni dan Juli relatif lebih rendah, masing-masing 59,0% dan 79,4%.

Euro menghadapi tantangan atas sikap dovish para pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB). François Villeroy de Galhau Rabu, menyatakan kemungkinan penurunan suku bunga pada musim semi. Anggota Dewan Pemerintahan ECB, Yannis Stournaras, Kamis menganjurkan penurunan suku bunga lebih awal.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para investor akan memantau pidato Anggota Dewan ECB Philip Richard Lane dalam kuliah tamu di Imperial College Business School di London, Inggris untuk mendapatkan isyarat arah kebijakan ECB, selain data indeks manufaktur Empire State New York dan sentimen konsumen Universitas Michigan AS.

Peluang Trading:
Data PPI AS yang tak terduga menguat, kemungkinan masih akan memberikan pengaruh kepada dolar AS bersamaan dengan sentimen yang lemah terhadap Euro atas sikap dovish pejabat ECB, kemungkinan masih akan melemahkan EURUSD. Sementara data ekonomi AS yang kuat akan kembali mendorong kenaikan dolar AS dan pidato Lane yang Dovish akan semakin menekan EURUSD.
Grafik pada timeframe H1 menunjukkan EURUSD bergerak relatif konsolidasi namun cenderung melemah, imbas penurunan tajam di sesi perdagangan kemarin. Harga saat ini bergerak di bawah Exponential Moving Average (EMA). Penembusan EMA50 ke bawah EMA100 menegaskan tren penurunan EURUSD saat ini, dengan Relative Strength Indeks sedikit di bawah garis yang membatasi area Overbought. Tetap waspadai setiap potensi koreksi retracement atas penurunan saat ini.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1.0870, target profit di level 1.0864 hingga 1.0860.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.0885, target profit di level 1.0889 hingga 1.00893.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.