Peluang Trading EURUSD: Selasa, 4 April 2024

0
133
Euro dan USD

Tren EURUSD: Bullish pada Timeframe H1 (Intraday)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
EURUSD mencoba mempertahankan tren kenaikan di tengah penurunan ringan dolar AS setelah proyeksi dua penurunan suku bunga. EURUSDD diperkirakan akan tertahan atas kehati-hatian pasar menjelang rilis data Inflasi AS dan suku bunga ECB yang diperkirakan akan mempertahankan suku bunga di hari Kamis.

Outlook Fundamental:
EURUSD naik tipis di level 1,0856 di tengah dolar AS yang masih dalam tren penurunan. Indeks dolar AS saat ini hanya naik tipis dan diperdagangkan di sekitar level 103.89.

Pasar tenaga kerja dan ekonomi AS yang kuat meningkatkan ketidakpastian penurunan suku bunga oleh Federal Reserve (Fed) tahun ini. Peluang penurunan suku bunga di Juni dan Juli saat ini di bawah 50%.

Rilis data Indeks Harga Konsumen (CPI) bulan Maret AS yang diperkirakan turun akan memengaruhi pasar. Data di atas perkiraan dapat mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga di bulan Juni.

Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari mengatakan minggu lalu bahwa ia memperkirakan dua kali penurunan suku bunga tahun ini, namun jika inflasi terus terhenti, tidak ada penurunan suku bunga yang mungkin terjadi.

Bank Sentral Eropa (ECB) juga akan menjadi sorotan pasar pada hari Kamis yang secara luas diperkirakan akan mempertahankan suku bunga di pertemuan kebijakan bulan April.

Fokus Pasar Hari Ini:
Tidak ada data ekonomi yang memiliki pengaruh besar terhadap pasar akan dirilis hari ini menjelang data inflasi AS bulan Maret., sehingga para investor akan menunggu petunjuk kuat sebelum masuk ke pasar.

Peluang Trading:
Data inflasi zona Eropa bulan Maret yang dirilis pekan lalu dan tidak terduga turun, meningkatkan ekspektasi penurunan suku bunga oleh ECB, dan hal ini dapat menghambat kenaikan EURUSD lebih lanjut. Sementara proyeksi dua penurunan suku bunga oleh Neel Kashkari, dapat mendorong kenaikan dolar AS.
Secara teknikal, grafik pada timeframe H1 menunjukkan EURUSD bergerak dalam rentang sempit dan relatif dekat di atas garis Pivot di level 1.0847. Meski harga saat ini bergerak di atas Exponential Moving Average (EMA), yang dapat dijadikan indikasi kenaikan EURUSD untuk jangka pendek, namun Relative Strength Indeks yang sedikit di atas garis tengah, menunjukkan kerentanan pasangan ini kembali melemah. Penurunan lebih lanjut menembus ke bawah garis Pivot membuka peluang harga turun menuju level 1,0830. Jika cukup kuat mempertahankan kenaikan saat ini, EURUSD akan naik menuju level 1,0875.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.0863, target profit di level 1.0868 hingga 1.0872.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1.0844, target profit di level 1.0840 hingga 1.0836.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.