Peluang Trading EURUSD: Senin, 22 April 2024

0
121
Euro Dolar AS

Tren EURUSD: Bearish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
EURUSD menguat di sekitar level 1.0660 di perdagangan Asia atas proyeksi European Central Bank (ECB) akan mempertahankan suku bunga. Kelanjutan kenaikan pasangan ini diragukan karena komentar pejabat Federal Reserve (Fed) menunjukkan pergeseran ke sikap semakin hawkish.

Outlook Fundamental:
Bank Sentral Eropa diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada pertemuan bulan Juni. ECB menyampaikan pesan tegas bahwa pasar harus mengharapkan penurunan suku bunga segera jika tidak ada guncangan besar dalam pembangunan.

Pernyataan hawkish dari pejabat Federal Reserve (Fed) dan ketegangan geopolitik yang sedang berlangsung di Timur Tengah dapat mengangkat Greenback terhadap mata uang mayoritas termasuk pasangan EURUSD dan pasar obligasi yang sering memengaruhi kenaikan dolar AS.

Indeks dolar AS berada di level 105.82 dan masih dalam tren kenaikan meski tertahan di bawah level penting 106.00. Sementara yield obligasi AS 10 tahun saat ini berada di 4.66%.

Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee mengatakan pada hari Jumat bahwa kemajuan inflasi telah “terhenti” dan kebijakan restriktif Fed saat ini sudah tepat. Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic menyatakan bahwa bank sentral AS tidak akan memangkas suku bunga hingga akhir tahun.

Fokus Pasar Hari Ini:
Tidak ada data ekonomi yang memiliki pengaruh besar terhadap pasar akan dirilis hari ini menjelang data PMI HCOB Zona Euro awal untuk bulan April pada hari Selasa. Investor akan memantau pasar obligasi dan ekuitas dan sentimen yang memengaruhi pasar.

Peluang Trading:
Pergeseran sentimen pasar setelah pernyataan hawkish pejabat Fed minggu lalu mendorong kenaikan yield obligasi dan menopang kenaikan dolar AS mengalahkan sentimen pasar terhadap kemungkinan ECB akan mempertahankan suku bunga pada pertemuan di April ini.
Secara teknikal, grafik pada timeframe H1 menunjukkan EURUSD berusaha mempertahankan momentum melanjutkan kenaikan pekan kemarin yang berhasil menembus ke atas Exponential Moving Average (EMA)50 dan 100, yang dapat dijadikan indikasi kenaikan EURUSD untuk jangka pendek. Namun, Relative Strength Indeks yang sedikit di atas garis tengah, menunjukkan kerentanan pasangan ini kembali melemah. Penurunan kembali harga ke bawah EMA100 membuka peluang harga turun ke level 1,0650 hingga 1,0645. Jika cukup kuat mempertahankan kenaikan, EURUSD berpotensi naik menuju level 1,0680.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.0668, target profit di level 1.0675 hingga 1.0678.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1.0657, target profit di level 1.0651 hingga 1.0647.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.