Peluang Trading GBPUSD: Kamis, 9 Mei 2024

0
129

Tren GBPUSD: Konsolidasi Bias Bearish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
GBPUSD menguat ringan dalam pergerakan konsolidasi di dekat level 1.2495 menjelang pertemuan BoE yang diperkirakan akan mempertahankan kebijakan suku bunga pada hari ini. Komentar hawkish pejabat Fed terkait suku bunga mendorong kenaikan dolar AS dan melemahkan GBPUSD.

Outlook:
GBPUSD tertahan di sekitar level 1.2495 pada Kamis hari ini bersamaan dengan Greenback yang menguat untuk hari ketiga berturut-turut, yang membebani pasangan mata uang cable tersebut.

BoE kemungkinan akan mempertahankan suku bunga di 5,25% pada pertemuan Mei pada hari ini. Namun, inflasi Inggris saat ini memicu spekulasi bahwa BoE akan memangkas suku bunga sebelum the Fed.

FOMC mempertahankan suku bunga tidak berubah minggu lalu. Data inflasi AS yang melampaui perkiraan membuat para pejabat menahan sikap untuk menurunkan biaya pinjaman.

Para pejabat The Fed memberikan isyarat di awal minggu ini. Komentar hawkish dari para pejabat the Fed mendorong kenaikan dolar AS dan melemahkan GBPUSD.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para trader berhati-hati menjelang keputusan suku bunga Bank of England (BoE) hari ini yang diperkirakan masih akan mempertahankan suku bunga, rilis data Klaim Pengangguran Awal mingguan AS, dan diikuti oleh pidato Mary Daly.

Peluang Trading:
Para investor akan mengambil lebih banyak isyarat dari pidato Bailey dan Pill pada hari Kamis. Jika para pembuat kebijakan BoE melanjutkan sikap dovish mereka, Pound Sterling (BoE) mungkin akan menghadapi depresiasi lebih lanjut.
Secara teknikal, grafik pada timeframe H1 memperlihatkan GBPUSD konsolidasikan penurunan di sepanjang pekan ini dari level puncak 1.2592 yang disentuh di awal pekan. Harga saat ini relatif jauhi di bawah Moving Average (MA). MA50 yang menembus ke bawah MA100 dan 200, dengan potensi MA200 menembus ke atas MA100, dapat menjadi indikasi kelanjutan penurunan GBPUSD untuk jangka pendek hingga menengah. Relative Strength Indeks yang sedikit di bawah garis tengah, menunjukkan pasangan ini masih cukup lemah. Kenaikan harga yang diikuti dengan RSI bergerak ke atas garis tengah, kemungkinan hanya sebuah rebound koreksi atas penurunan saat ini. Penurunan lebih lanjut menembus ke bawah level 1.2485, membuka peluang harga turun menuju level 1.2475 sebelum menyentuh level support terdekatnya di 1.2472.
Pertimbangan SELL di level 1.2482, target profit di 1.2476/1.2472.
Pertimbangan Buy di level 1.2503, target profit di 1.2511/1.2515.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.