Peluang Trading GBPUSD: Selasa, 26 Maret 2024

0
91

Tren GBPUSD: Konsolidasi Bias Bullish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
GBPUSD menguat untuk hari kedua, dengan kenaikan yang terbatas atas meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga oleh BoE yang terus membatasi kenaikan GBP. Sementara proyeksi tiga penurunan suku bunga The Fed di tahun 2024 berpotensi melemahkan dolar AS dan mendukung kenaikan GBPUSD.

Outlook Fundamental:
GBPUSD diperdagangkan dengan bias positif selama sesi Asia, butuh aksi beli lanjutan, tertahan di bawah level 1.2650, saat ini berada di level 1.2639. Latar belakang fundamental mendukung penurunan meski perlu kehati-hatian.

Gubernur Bank of England (BoE) Andrew Bailey pekan lalu mendukung ekspektasi penurunan suku bunga di tahun ini setelah dua pejabat BoE mengubah sikap dan mendukung mempertahankan suku bunga stabil di 5,25%, yang mungkin akan melemahkan Pound sterling.

Sementara itu, indeks dolar AS hentikan penurunan korektif di hari sebelumnya dari sekitar level puncak bulanan di tengah prospek untuk ekonomi AS yang positif. Latar belakang ini berkontribusi menahan penurunan dolar AS dan membatasi kenaikan pasangan GBPUSD.

Di saat pejabat Fed menyatakan kekhawatirannya tentang inflasi dan data makro AS yang lebih kuat dari perkiraan, the Fed justru isyaratkan mereka masih di jalur untuk pemangkasan suku bunga 75 basis poin tahun ini, yang menekan imbal hasil obligasi dan dolar AS.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar hari ini menantikan rilis data Pesanan Barang Tahan Lama, Indeks Keyakinan Konsumen dari Conference Board, dan Indeks Manufaktur Richmond AS untuk mendapatkan dorongan baru.

Peluang Trading:
Kenaikan GBPUSD masih dipengaruhi oleh pernyataan gubernur BoE yang pada pekan lalu mendukung penurunan dan dua pejabat BoE yang biasanya Hawkish sedikit meredam sikapnya. GBPUSD berpotensi kembali melemah, karena indeks dolar AS hentikan penurunan di sesi kemarin yang didukung oleh prospek ekonomi AS yang positif.
Grafik pada timeframe H1 menunjukkan pasangan GBPUSD bergerak naik namun terbatas, jauh di bawah level 1.2650 dan masih berjuang mendapatkan momentum kenaikannya. Harga saat ini berada di lintasan Exponential Moving Average (EMA)50 yang bergerak datar, mengindikasikan pasangan Cable ini masih butuh penggerak yang jelas. Tapi, Relative Strength Index (RSI) yang saat ini berada sedikit di atas garis tengah menunjukkan pasangan ini masih mempertahan kenaikannya. Kenaikan harga menembus 1.2640 membuka peluang harga naik ke area 1.2650 hingga level resistance terdekatnya di 1.2661. Sebaliknya, jika gagal, membuka peluang harga turun ke sekitar level 1.2620.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.2645, dengan target profit di level 1.2650 hingga 1.2655.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1.2628, dengan target profit di level 1.2623 hingga 1.2618.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.