Peluang Trading Gold (Emas): Jumat, 10 Mei 2024

0
228

Tren Gold (Emas): Bullish (Timeframe H4)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas berpotensi lanjutkan kenaikan kuat kemarin setelah sempat menembus level 2350, didorong oleh melemahnya Greenback dan yield Obligasi AS. Data klaim pengangguran AS yang lemah, menekan Fed untuk menurunkan suku bunga lebih cepat untuk menstabilkan ekonomi.

Outlook:
Emas lanjutkan kenaikan Kamis, saat ini berada di sekitar level 2350, turun dari level puncak minggu ini di level 2357 yang disentuh hari ini setelah rebound dari level 2306 yang disentuh kemarin.

Data tenaga kerja terbaru AS yang lemah, meningkatkan peluang penurunan suku bunga oleh Federal Reserve (Fed) yang masih menghadapi tekanan inflasi, sehingga menekan indeks dolar, saat ini berada di sekitar level 105.15 dan yield obligasi AS turun di angka 4.46% turun dari 4.51%.

Klaim tunjangan pengangguran AS naik di atas perkiraan dan laporan sebelumnya, indikasi hilangnya kekuatan ekonomi AS. Hal ini dapat mempengaruhi keputusan kebijakan moneter the Fed selanjutnya.

Presiden Fed San Francisco Mary Daly mengatakan bahwa upaya penurunan inflasi tidak akan mulus. Presiden Fed Boston Susan Collins, optimis bahwa inflasi dapat mencapai target 2%, dan menambahkan bahwa kebijakan moneter saat ini berada pada posisi yang tepat dan “cukup ketat”.

Fokus Pasar Hari Ini:
Data Awal Sentimen Konsumen dan Ekspektasi Inflasi Universitas Michigan dan pidato anggota FOMC Michelle Bowman menjadi fokus pasar hari ini dan akan mengambil petunjuk pasar untuk jangka pendek.

Peluang Trading:
Buruknya data lapangan kerja terbaru AS dapat memaksa the Fed untuk menurunkan suku bunga. Hal ini akan melemahkan dolar AS dan yield obligasi dan mendorong kenaikan emas. Data sentimen konsumen hari ini akan memengaruhi pasar. Data yang positif akan mendorong kenaikan dolar AS, sebaliknya data yang buruk akan melemahkan dolar AS dan mendorong kenaikan emas.
Grafik pada timeframe H4 memperlihatkan emas pulih dari penurunan minggu lalu setelah sempat konsolidasi di minggu ini. Dengan harga yang berhasil menembus naik dan menjauh di atas ketiga Moving Average (MA) dapat menjadi petunjuk, emas kembali dalam jalur kenaikan. Irisan dan penembusan MA50 ke atas MA100 dapat menjadi petunjuk keberlanjutan kenaikan emas selanjutnya, didukung dengan Relative Strength Index (RSI) yang mencoba menembus area Overbought. Jika kehilangan momentum dan gagal melanjutkan kenaikan, emas kemungkinan akan koreksi ke sekitar area 2330..
Pertimbangan BUY di level 2357.03, target profit di 2364.22/2368.63.
Pertimbangan SELL di level 2344.85, target profit di 2339.22/2335.07.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.