Peluang Trading Gold: Jumat, 3 Mei 2024

0
175

Tren Gold (Emas): Bearish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas stabil, namun cenderung bearish di tengah sentimen pasar yang positif, serta melemahnya yield obligasi dan dolar AS yang masih dipengaruhi keputusan kebijakan Federal Reserve (Fed) pada Rabu pekan ini bersamaan dengan kehati-hatian Powell menunggu perkembangan inflasi yang lebih jelas.

Outlook Fundamental:
Harga emas bertahan di sekitar level 2300/2305 sejak pembukaan perdagangan sesi Asia di tengah sentimen pasar yang optimis, penurunan yield obligasi AS, dan dolar AS.

Pasar masih dipengaruhi oleh keputusan bank sentral AS mempertahankan suku bunga dan akan mengurangi program Pengetatan Kuantitatif (QT), yang melemahkan yield obligasi serta dolar AS, dan mendongkrak kenaikan emas.

Indeks dolar AS saat ini di sekitar level 105.10, pulih ringan dari level bawah intraday di 105.03. Sementara yield obligasi AS 10 tahun saat ini di 4.58%, turun 4.69% yang dicapai pada Rabu pekan ini.

Pergerakan pasar kemungkinan akan bergerak dalam rentang terbatas menjelang rilis data tenaga kerja utama AS yang dapat memengaruhi pergerakan pasar selanjutnya.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar hari ini akan pusatkan perhatian mereka pada rilis data tenaga kerja termasuk Payrolls non pertanian, tingkat pengangguran dan rata-rata pendapatan dalam sepekan.

Peluang Trading:
Secara fundamental, pasar yang masih mencerna sikap bank sentral dan Jerome Powell terkait masa depan suku bunga, justru sedikit melemahkan logam mulia di tengah kehati-hatian pasar menjelang data tenaga kerja utama AS yang dapat memengaruhi keputusan kebijakan moneter Fed selanjutnya. Data tenaga kerja yang stagnan akan mendorong kenaikan dolar AS dan melemahkan emas.
Grafik pada timeframe H1 menunjukkan emas terlihat masih cukup lemah untuk kembali pulih pasca penurunan pasca kenakan di sesi Rabu. Harga menunjukkan indikasi emas kesulitan untuk pulih, melihat harga yang kembali tertahan di bawah ketiga Moving Average setelah gagal mempertahankan momentum kenaikan dengan Relative Strength Index yang tertahan di bawah garis tengah (50). Penurunan lebih lanjut menembus ke bawah level 2300, emas berpotensi turun setidaknya menuju level 2280. Namun, jika momentum kenaikan cukup kuat bertahan di atas level 2300, emas berpotensi naik ke level 2310.
Pertimbangan SELL di level 2298, target profit di 2294/2291.
Pertimbangan BUY di level 2306, target profit di 2309/2311.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.