Peluang Trading Gold: Kamis, 18 April 2024

0
123
Emas, Gold

Tren Gold (Emas): Bullish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas berusaha pulih dari penurunan dua hari terakhir atas sentimen risiko global yang melemahkan permintaan safe haven, menyusul meredanya ketegangan di Timur Tengah. Komentar hawkish Federal Reserve berpotensi mendorong yield obligasi dan AS untuk rebound dan menahan pemulihan emas.

Outlook Fundamental:
Harga emas rebound setelah turun dari level tertinggi mingguan selama perdagangan sesi Amerika, Rabu, dan saat ini diperdagangkan di sekitar level 2.372, memanfaatkan pelemahan yield obligasi dan dolar AS.

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan ekonomi AS cukup kuat dan mengakui data terbaru menunjukkan kurangnya kemajuan inflasi lebih lanjut. Hal ini menggeser proyeksi penurunan suku dari bulan Juni ke bulan September ini mendukung kenaikan yield obligasi dan dolar AS.

Ketegangan di Timur Tengah yang mereda setelah para pejabat Israel memutuskan untuk menunggu, yang sebelumnya mempertimbangkan untuk menyerang Iran pada hari Senin. Sementara itu, AS akan menjatuhkan sanksi-sanksi baru terhadap Iran dalam beberapa hari mendatang.

CME FedWatch Tool menunjukkan peluang penurunan suku bunga pertama di bulan September sebesar seperempat poin persentase mencapai 71%. Indeks dolar AS saat ini turun dan diperdagangkan di sekitar level 105,67. Yield obligasi AS 10 tahun saat ini berada di 4.58%

Fokus Pasar Hari Ini
Para investor akan mencari petunjuk pergerakan pasar dari data ekonomi AS termasuk klaim tunjangan pengangguran, indeks manufaktur Philadelphia, data perumahan, CB Leading Index dan pidato pejabat FOMC yang akan berlangsung hari ini.

Peluang Trading:
Meredanya ketegangan di timur tengah melemahkan emas di sesi kemarin. Kenaikan lebih lanjut emas menghadapi tantangan dari pernyataan Hawkish Powell kemarin terkait kondisi ekonomi dan mendukung penundaan penurunan suku bunga yang dapat mendorong kenaikan dolar dan yield obligasi AS.
Secara teknikal, grafik pada timeframe H1 menunjukkan emas masih dalam tren kenaikan, meski koreksi dalam dua hari terakhir. Harga berusaha mempertahankan momentum untuk menuju Exponential Moving Average (EMA) 50 setelah sempat turun di bawah MA50 dan 100 di sesi kemarin. Relative Strength Index yang naik mendekati garis tengah, mendukung rebound emas, meski masih harus menembus level 50 RSI. Penurunan harga ke atas MA50 diikuti dengan RSI yang menembus ke atas level 50 berpotensi membawa emas melanjutkan pemulihan. Sebaliknya, momentum yang lemah dan gagal menyentuh EMA50 harga berpotensi lanjutkan penurunan menuju support terdekatnya ke level 2.345.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.378, target profit di level 2.386 hingga 2.389.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 2.365, target profit di level 2.356 hingga 2.352.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.