Peluang Trading Gold: Selasa, 23 April 2024

0
177

Tren Gold (Emas): Bearish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas jatuh dari level tertinggi dan berpotensi lanjutkan penurunan, atas berkurangnya risiko geopolitik dan penguatan dolar AS menyusul pejabat Federal Reserve mempertahankan sikap hawkish terhadap suku bunga sehingga mengubah sentimen atas ekspektasi penurunan.

Outlook Fundamental:
Emas anjlok, turun lebih dari 2,50% saat ini diperdagangkan di sekitar level 2.303 sentuh level bawah intraday di level 2.295 atas meredanya konflik Timur Tengah bersamaan dengan penguatan dolar AS.

Konflik Timur Tengah mereda setelah Teheran meremehkan serangan pesawat tak berawak Israel pada 19 April lalu dan para investor yang memperkirakan the Fed akan memangkas suku bunga lebih lambat dari yang diharapkan, semakin membebani harga emas.

Pernyataan hawkish pejabat the Fed termasuk Jerome Powell, yang berkomentar bahwa melambatnya proses disinflasi mendukung suku bunga tetap tinggi dan lebih lama, yang diikuti oleh Fed Chicago, Austan Goolsbee, salah satu anggota FOMC yang paling dovish.

Komentar hawkish pejabat Fed mendukung kenaikan yield obligasi AS 10 tahun yang saat ini berada di 4.62%, menopang indeks dolar AS yang saat konsolidasi di sekitar level 105.90 setelah turun dari puncak intraday yang disentuh kemarin pada level 106.20.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para investor hari ini akan mencari petunjuk dari rilis data ekonomi utama AS, Indeks Flash PMI Jasa dan Manufaktur, data perumahan dan indeks manufaktur Richmond yang diperkirakan menguat dan dapat mendukung kenaikan dolar AS jika data yang dirilis lebih besar dari ekspektasi.

Peluang Trading:
Berlanjutnya pergeseran sentimen pasar setelah pernyataan hawkish pejabat Fed masih mendukung kenaikan yield obligasi dan dolar AS bersamaan dengan meredanya ketegangan di timur tengah yang memaksa emas turun dari tren kenaikan sejauh ini.
Grafik timeframe H1 menunjukkan keberlanjutan penurunan emas setelah harga menembus ke bawah Exponential Moving Average (EMA). Setelah menembus ke bawah MA100 di sesi kemarin, penembusan MA50 ke bawah MA200 menjadi indikasi potensi berlanjutnya penurunan emas yang diperkuat dengan Relative Strength Index yang tertahan di area Oversold. Penurunan kembali harga ke bawah level psikologis 2.300 setelah melewati level support terdekatnya di level 2.304 berpotensi membawa emas turun lebih jauh.
Pertimbangan SELL di level 2.295, target profit di 2.285/2.281.
Pertimbangan BUY di level 2.310, target profit di 2.314/2.317.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.