Peluang Trading USDJPY: Selasa, 2 April 2024

0
74

Tren USDJPY: Bullish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
USDJPY mempertahankan momentum kenaikan kemarin di tengah kekhawatiran intervensi dan penghindaran risiko, setelah sikap hati-hati BoJ terus melemahkan yen jepang bersamaan dengan melemahnya spekulasi penurunan suku bunga Fed di Juni mendatang.

Outlook Fundamental:
USDJPY mencatat kenaikan, setelah rebound dari level bawah intraday dan berusaha keluar dari area konsolidasi dalam sepekan terakhir dan saat ini diperdagangkan di sekitar level 151.72.

Yen Jepang terseret mendekati level terendah multi-dekade imbas pandangan dovish Bank of Japan (BoJ), yang masih akan kebijakan untuk beberapa waktu sehingga melemahkan yen Jepang.

Kemungkinan intervensi pemerintah Jepang untuk menahan yen tidak jatuh lebih jauh dan sentimen penghindaran risiko berpotensi menopang safe-haven yen dan membatasi kenaikan USDJPY.

Data aktivitas bisnis AS pada hari Senin yang menurunkan proyeksi penurunan suku bunga Fed di bulan Juni mendatang, mendorong kenaikan dolar AS dan menjadi kekuatan USDJPY untuk lanjutkan kenaikan.

Fokus Pasar Hari Ini
Para trader saat ini menanti data ekonomi AS, termasuk JOLTS Job Openings dan Factory Orders, bersama dengan pidato dari anggota FOMC yang berpengaruh, yang akan mempengaruhi dinamika pasar dan berkontribusi dalam menghasilkan peluang trading jangka pendek.

Peluang Trading:
Faktor fundamental masih mendukung USDJPY lanjutkan kenaikan, ditopang oleh menurunnya proyeksi penurunan suku bunga di Juni yang mendukung kenaikan obligasi dan indeks dolar AS, dan mendukung USDJPY lanjutkan kenaikan menuju level 152.00. Namun waspadai sentimen penghindaran risiko dan intervensi Jepang di tengah kehati-hatian pasar menjelang rilis data JOLTs Job Opening AS.
Secara teknikal, grafik pada timeframe H1 menunjukkan USDJPY berjuang melanjutkan tren Bullish dan keluar dari area konsolidasi pekan lalu. Harga saat ini jauh di atas ketiga Exponential Moving Average (EMA), yang menunjukkan USDJPY masih dalam tren Bullish dengan Relative Strength Index saat ini bergerak di bawah garis Overbought. Penurunan ke bawah level 151.70, harga berpotensi koreksi menuju level Pivot di level 151.53.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 151.85 dengan target profit di level 151.95 – 152.00.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 151.65 dengan target profit di level 151.57 – 151.53.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.