Peluang Trading USDJPY: Senin, 25 Maret 2024

0
100

Tren USDJPY: Sideway Bias Bearish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
USDJPY melemah atas kemungkinan Bank of Japan (BoJ) mencapai target inflasi di tengah dolar AS yang dapat menghadapi tantangan atas meningkatnya ekspektasi penurunan suku bunga the Fed mulai bulan Juni mendatang.

Outlook Fundamental:
USDJPY turun tipis di sekitar level 151,30, pasca rilis risalah pertemuan BoJ bulan Januari. Anggota Dewan BoJ mengakui adanya peningkatan pencapaian target inflasi bank sentral, meski bertahap.

Para anggota pertemuan membahas kemungkinan langkah jika siklus upah yang positif dan inflasi dikonfirmasi, dan mencatat bahwa risiko inflasi yang melebihi ekspektasi telah berkurang.

Yen Jepang mendapat dukungan dari potensi kemungkinan intervensi, setelah diplomat mata uang utama Jepang, Masato Kanda, berniat untuk bertindak dengan tepat untuk mengatasi pelemahan yen.

Dolar AS melemah dan diperdagangkan di sekitar level 104.03 dan berpotensi tertekan oleh ekspektasi siklus pelonggaran Federal Reserve (Fed) pada Juni mendatang. Namun, Jerome Powell menyatakan the Fed akan bertindak hati-hati.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para investor kemungkinan akan fokus pada pergerakan pasar ekuitas dan obligasi AS atas minimnya kalender ekonomi yang memengaruhi pasar hari ini menjelang rilis data pertumbuhan ekonomi AS pada hari Kamis dan pidato Jerome Powell pada hari Jumat.

Peluang Trading:
USDJPY masih butuh konfirmasi untuk menentukan arah nya, yang sempat melemah setelah rilis risalah pertemuan BoJ yang mendukung penguatan yen. Sementara rebound indeks dolar AS dari level bawah intraday masih tertahan. Jika indeks dolar AS cukup kuat untuk rebound di tengah menguat yield obligasi AS, berpotensi membawa USDJPY hentikan penurunan kemarin dan melanjutkan kenaikan hari ini.
Secara teknikal, grafik pada timeframe H1 menunjukkan USDJPY berpotensi melanjutkan penurunan kembali meski sempat rebound dari level bawah intraday dengan harga saat ini berada di sekitar Moving Average (EMA)50, diikuti dengan Relative Strength Index yang saat ini bergerak turun di bawah garis tengah. Jika harga lanjutkan penurunan menembus ke bawah EMA50, USDJPY berpotensi turun menuju level support terdekatnya di level 151.00. Tetap pantau potensi rebound lebih lanjut, yang akan membawa USDJPY menuju garis pivot hingga ke level 151.70.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 151.12 dengan target profit di level 150.99 – 150.90.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 151.42 dengan target profit di level 151.51 – 151.61.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.