Penguatan Yen Memudar Jelang NFP

JAVAFX – Penguatan yen memudar jelang NFP pada perdagangan pasar uang Asia Pasifik hingga jelang siang hari ini, di mana yen kali ini sempat bergerak menguat tajam dengan intensitas sedikit panik pasca keputusan Trump tadi pagi yang ingin menaikkan tarif impor China.

Sejauh ini USDJPY untuk sementara berada di level 107,37 dimana yen bergerak mendatar untuk sementara ini. Untuk AUDUSD untuk sementara berada di level 0,7676 dimana dolar Australia melemah sejenak. Untuk yuan, atau USDCNY untuk sementara bergerak di level 6,3099 dimana yuan sementara melemah.

Semalam yen sempat melemah sejenak karena situasi perang dagang sedikit mendingin pasca ada keinginan dari pihak AS untuk mengadakan dialog dengan China. Pihak China pun segera sepakat untuk berdialog untuk menyelesaikan sengketa dagang tersebut dan telah membuat pasar sedikit panik dengan munculnya aksi pengamanan aset atau safe haven.

Namun tadi pagi Presiden Trump menginginkan tekanan yang lebih besar kepada China karena telah dianggap melakukan manipulasi terhadap perjanjian perdagangan dengan AS sehingga tahun lalu defisit perdagangan AS dengan China membengkak menjadi sekitar $375 milyar. Rupanya AS baru paham dengan perjanjian bisnisnya bersama China telah merongrong keuangannya, dan upaya Trump sebetulnya biasa terjadi, namun dianggap China sebagai upaya menegakkan perang dagang.

Presiden Trump ingin meningkatkan tarif impor kepada produk-produk asal China hingga mencapai $100 milyar per tahunnya, sehingga ini membuat situasi menjadi tidak kondusif lagi dan membuat safe haven yen dan Swiss franc bangkit lagi. Namun memasuki akhir perdagangan sesi Asia, muncul aksi ambil untung yen lagi jelang rilisnya data nonfarm payroll AS atau NFP yang diperkirakan lebih bagus daripada periode sebelumnya.

Inilah yang segera membatasi gerak penguatan yen, karena bila data NFP membaik, maka kenaikan suku bunga the Fed bisa agresif kembali.

Penulis: Adhi Gunadhi
Sumber Berita: Reuters, Bloomberg, Investing, Javafx, Forexfactory, Dailyfx
Sumber gambar: Reuters

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.