Penguatan Yen Terbantu Membaiknya Data Ekonomi Jepang

JAVAFX – Penguatan yen terbantu membaiknya data ekonomi Jepang pada perdagangan pasar uang Asia Pasifik hingga jelang siang hari ini, di mana diluar dugaan data pesanan mesin Jepang meningkat di atas perkiraan pasar sehingga investor sangat optimis terhadap masa depan ekonomi Negeri Matahari Terbit tersebut.

Sejauh ini USDJPY untuk sementara berada di level 107,10 dimana yen bergerak menguat untuk sementara ini. Untuk AUDUSD untuk sementara berada di level 0,7754 dimana dolar Australia melemah sejenak. Untuk yuan, atau USDCNY untuk sementara bergerak di level 6,2808 dimana yuan sementara melemah.

Semalam yen sempat melemah sejenak karena situasi perang dagang sedikit mereda pasca pernyataan dari Presiden China bahwa negerinya akan merencanakan untuk melakukan reformasi ekonomi termasuk mereformasi perdagangan internasionalnya. Presiden Xi ingin lebih banyak akan masuknya investasi asing ke negerinya, diikuti oleh tarif impor kendaraan ke China juga dikurangi, pengetatan aturan hak cipta dan memperbolehkan pihak asing untuk berinvestasi ke sektor keuangan China.

Kondisi ini tentu bukan kondisi yang ideal bagi aset-aset pengaman seperti yen dan Swiss franc, sehingga semalam sempat tertekan greenback. Meski ada potensi ketegangan di Suriah, namun yen masih tertekan semalam.
Namun lambat laun yen mulai melawan setelah tensi di Suriah tidak mereda di mana AS tengah mempersiapkan sebuah serangan militer ke Suriah bersama dengan sekutunya sebagai bentuk balasan terhadap penggunaan senjata militer yang dilakukan pihak Suriah dalam upaya memberantas pemberontaknya.

Penguatan yen kali ini di luar dugaan terbantu oleh rilisnya data pesanan mesin Jepang yang mengalami kondisi yang lebih bagus daripada perkiraan pasar. Kondisi ini tentu membuat situasi kinerja ekonomi Jepang tetap dalam jalur untuk pemulihannya, karena segera berharap program Abenomics masih terus berjalan.

Penguatan yen sebetulnya terbatas, karena masih menantikan perkembangan perang dagang AS dengan China, perkembangan perang Suriah dan jelang rilisnya data inflasi AS nanti malam.

Penulis: Adhi Gunadhi
Sumber Berita: Reuters, Bloomberg, Investing, Javafx, Forexfactory, Dailyfx
Sumber gambar: Reuters

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.