Penjualan Ritel Inggris Tumbuh Lebih Lemah Dari Perkiraan, GBP Terpangkas

Penjualan ritel Inggris tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan pada bulan Desember, hal ini menandai akhir tahun yang buruk, sementara utang public naik ke level tertinggi sejak 1962. Data resmi dirilis pada hari Jumat.

Angka-angka ini menjadi pertanda buruk bagi ekonomi Inggris pada awal 2021, yang tamoaknya akan berbalik di bawah tekanan dari Langkah-langkah abti Covid-19 baru yang disampaikan pada Januari.

Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak juga akan menghadapi tekanan dari beberapa orang di Partai Konservatif untuk menunjukan bahwa pengeluaran terkendali ketika dia mengajukan anggaran baru pada 3 Maret, setelah pinjaman tahunan terbesar sejak Perang Dunia kedua.

Sunak menegaskan kembali janji untuk menempatkan keuangan publik pada “pijakan yang lebih berkelanjutan” setelah ekonomi mulai pulih, dan pemerintah berharap peluncuran vaksin yang cepat akan memungkinkan pemulihan yang cepat dari dampak korban tewas COVID-19 terberat di Eropa.

Kantor Statistik Nasional Inggris mengatakan volume penjualan ritel naik 0,3% pada Desember, jauh lebih kecil dari perkiraan ekonom dalam jajak pendapat Reuters untuk kenaikan 1,2%, meninggalkan mereka hanya 2,9% lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Untuk tahun 2020 secara keseluruhan, penjualan ritel turun 1,9% – penurunan tahun kalender terbesar sejak pencatatan ini dimulai pada tahun 1996 – dan penjualan pakaian merosot lebih dari seperempat. Sterling turun sedikit terhadap dolar dan euro mengikuti angka ritel yang lebih lemah dari perkiraan.

Pasangan GBPUSD terkoreksi turun memangkas kenaikan sebelumnya dan terpantau akan turun menuju $1.36500.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Naiknya Prelim GDP AS Kuatkan Dolar Indeks

Data Prelim GDP semalam naik dari 4.0% ke 4.1%. Walau masih di bawah ekspektasinya 4.2%, namun data ekonomi ini di topang oleh data-data ekonomi...

Biden: AS, Kanada bakal capai emisi nol pada 2050

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan pada Selasa bahwa dia dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau setuju untuk bekerja menuju pencapaian emisi nol bersih...

Presiden Biden pertama kalinya telepon Raja Saudi

Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat berbicara untuk pertama kalinya dengan Raja Saudi Salman pada Kamis (25/2), dan menyatakan akan menjadikan hubungan bilateral "sekuat...

Biden, Trudeau janji akan menentang China dan tangani iklim

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Selasa berupaya untuk membuka lembaran baru usai era pemerintahan Trump, menggarisbawahi hubungan...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502