Persediaan BBM AS Naik Lagi, Harga Minyak Mentah Turun

Harga minyak turun pada Kamis karena persediaan bensin di Amerika Serikat, untuk pekan kelima berturut-turut. Namun, harga minyak masih terbantu atas berkurangnya persediaan minyak mentah membantu menopang.

Minyak mentah berjangka Brent turun 16 sen, atau 0,2% menjadi $68,80 barel, dan minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 20 sen, atau 0,3% menjadi $65,43 per barel.

Baik minyak mentah Brent dan AS, keduanya mencapai level tertinggi sejak pertengahan Maret pada hari Rabu sebelum turun. Angka $70 per barel telah bertindak sebagai penghalang untuk pasar sejak Brent menembus tepat di atas level itu pada bulan Maret, dengan investor tidak mau mendorong harga minyak lebih tinggi karena kasus COVID-19 meningkat di beberapa bagian dunia.

Persediaan minyak mentah AS turun pekan lalu melampaui perkiraan karena produksi penyulingan naik dan ekspor melonjak, Administrasi Informasi Energi mengatakan pada hari Rabu. Persediaan minyak mentah turun 8 juta barel dalam sepekan hingga 30 April menjadi 485,1 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi dalam jajak pendapat Reuters untuk penurunan 2,3 juta barel.

Persediaan bahan bakar kenderaan AS meningkat 737.000 barel dalam sepekan, ungkap EIA. Angka ini bertolak belakang dengan pasar yang memperkirakan pengurangan 652.000 barel.

Pembatasan terkait pandemi di Amerika Serikat dan sebagian Eropa berkurang, tetapi infeksi masih meningkat di negara importir minyak mentah utama seperti India dan Jepang, yang membebani harga.

Sementara itu, gerilyawan yang menggunakan bom menyerang dua sumur minyak di sebuah ladang minyak dekat kota Kirkuk di Irak utara Rabu, menewaskan sedikitnya satu polisi dan menyulut api, kata kementerian perminyakan Irak.

Sumber mengatakan bahwa serangan itu tidak mempengaruhi produksi. Namun, pernyataan kementerian perminyakan Irak tidak mengomentari mengenai produksi.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

AS, Rusia Berdebat Soal Serangan Siber Jelang KTT Biden-Putin

Amerika Serikat (AS) dan Rusia berdebat Minggu (13/6) tentang tanggung jawab untuk melemahkan serangan siber. Perdebatan itu muncul menjelang pertemuan antara Presiden AS Joe Biden...

Biden, Harris desak vaksinasi karena AS tampak meleset dari target

Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris pada Jumat (18/6) mendesak warga Amerika Serikat agar disuntik vaksin COVID-19, karena negara itu tampaknya akan...

The Fed Buka Peluang Kenaikan Suku Bunga Karena Inflasi Naik

Federal Reserve pada hari Rabu secara signifikan meningkatkan ekspektasi inflasi tahun ini dan mengajukan kerangka waktu kapan selanjutnya akan menaikkan suku bunga. Namun, bank sentral...

Luar biasa, Inflasi Inggris Lampaui Target Bank Sentral

Inflasi Inggris secara tak terduga melonjak di atas target Bank of England 2,0% pada Mei. Angka inflasi Inggris mencapai 2,1% dan diyakini masih akan terus meningkat lebih lanjut. Ini tak lepas karena Inggris masih akan kembali membuka aktivitas ekonominya pasca penguncian wilayah.

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502