Pertumbuhan Ekonomi Inggris Melambat Lagi Karena Rebound Terhenti

Ekonomi Inggris tumbuh hanya 0,4% di bulan Oktober 2020 karena laju pemulihan terus melambat.

Ekonomi Inggris masih jauh di bawah ukuran sebelum pandemi, demikian laporan dari Kantor Statistis Nasional (ONS). Inggris telah pulih dari rekor kemerosotan awal tahun ini yang disebabkan oleh penguncian virus korona gelombang pertama. Tetapi output diperkirakan akan menyusut lagi pada November setelah penutupan kedua Inggris memaksa perusahaan untuk tutup.

ONS mengatakan ada beberapa area pertumbuhan selama Oktober tetapi ekonomi Inggris “masih tetap sekitar 8% di bawah puncak pra-pandemi”.

“Output layanan publik meningkat, sementara manufaktur mobil terus pulih dan ritel kembali tumbuh dengan kuat,” kata deputi ahli statistik nasional ONS, Jonathan Athow.

“Namun, pemberlakuan kembali beberapa pembatasan membuat pertumbuhan layanan terpukul, dengan penurunan besar dalam hal perhotelan, yang berarti ekonomi secara keseluruhan tumbuh hanya sedikit.”

Oktober adalah bulan keenam pertumbuhan berturut-turut untuk Inggris setelah penurunan tajam yang terlihat awal tahun ini di tengah penguncian pertama.

Tingkat pengangguran Inggris terus melonjak

Perekonomian awalnya pulih pada tingkat rekor, dan tumbuh 10,2% antara Agustus dan Oktober dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya. Namun pertumbuhan mulai melambat dan ekonomi tetap rapuh, dengan pengangguran yang terus meningkat.

Sebelum penguncian Inggris pada November, semakin banyak wilayah yang tunduk pada pembatasan virus korona yang lebih ketat – situasi yang kemungkinan akan bertahan hingga tahun baru.

Suren Thiru, kepala ekonomi di Kamar Dagang Inggris, mengatakan perusahaan perhotelan, yang paling terpapar pada pembatasan baru, telah menderita “sangat parah”.

Laporan data ekonomi dari ONS Kamis sore ini menambah sentiment yang negative untuk mata uang poundsterling (GBP) yang juga tertekan oleh belum adanya kesepakatan perdagangan Brexit dengan Uni Eropa dengan waktu tenggang semakin dekat.

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Harga Emas Tetap Naik Karena Dolar AS Masih Dibawah Tekanan

JAVFX - Harga emas berakhir naik pada perdagangan di hari Senin karena dolar dan imbal hasil obligasi AS. tetap di bawah tekanan. Para investor...

Fokus Pasar Minggu Ini : Pertemuan Fed Januari Dan Data GDP AS

JAVAFX  -  Dolar index turun pada perdagangan minggu lalu dan ini penurunan mingguan pertama di bulan Januari 2021. Dollar index ditutup di posisi 90,160...

Pemerintahan Biden, Menteri Pertahanan Siap Tempuh Jalan Baru bagi Militer AS

Kurang dari seminggu setelah kepresidenan Joe Biden, perubahan besar sedang berlangsung di Pentagon sementara presiden baru AS dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin yang baru...

Biden Tandatangani 10 Keppres untuk Perangi Covid-19

Presiden AS yang baru Joe Biden bergerak secara agresif hari Kamis (21/1) untuk meningkatkan perjuangan pemerintah nasional untuk membendung pandemi virus corona dengan menandatangani...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502