Pertumbuhan Ekonomi Jerman Tersendat

0
105
Berita Ekonomi Jerman

JAVAFX – Berita ekonomi yang dirilis pada hari Jumat(25/8/2017), telah memperlihatkan laju pemulihan ekonomi Jerman cenderung tersendat di sektor bisnis dan pertumbuhan domestik bruto.

Pada laporan ketiga PDB Jerman yang dirilis oleh Destatis menyebutkan bahwa pertumbuhan domestik bruto hanya mengalami kenaikan sebesar 0.6% di kuartal dua, dari hasil sebelumnya yang mencatat kenaikan sebesar 0.7%. Data aktual ini-pun telah sesuai perkiraan pasar, dimana ekonom sebelumnya memperkirakan PDB Jerman akan naik sebesar 0.6% di kuartal dua.

Sedangkan pertumbuhan domestik bruto berbasis tahunan di Jerman, Destatis mengklaim laju pemulihan lebih baik dari laporan sebelumnya, dimana PBD telah naik sebesar 2.1% setelah mencatat kenaikan sebesar 2.0%.

Masih seputar data fundamental Jerman, laporan terpisah yang dirilis oleh IFO menyebutkan bahwa indeks sentimen bisnis telah mengalami penurunan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 115.9 di bulan Agustus, dari 116.0 di bulan Juli. Survei ekonom memperkirakan bahwa indeks sentimen bisnis Jerman akan turun, yang disesuaikan secara musiman menjadi 115.5 di bulan Agustus.

Pasca dirilisnya serangkaian data fundamental ekonomi Jerman ini, pergerakan euro tampak dibayangi tekanan pelemahan terhadap dolar AS.  Sewaktu berita ini dibuat, pergerakan EURUSD terpantau turun sebesar 0.14% dengan diperdagangkan pada level 1.1784.

 

Sumber berita : Forex Factory, Trading Economics

Sumber gambar : telegraph (.co.uk)