Pertumbuhan Inflasi Tiongkok Meningkat, Meski Di bawah Perkiraan

0
311
Berita Ekonomi Tiongkok

JAVAFX – Berita ekonomi di hari Rabu(10/1/2018), memperlihatkan bahwa pertumbuhan inflasi di wilayah Tiongkok mengalami peningkatan di bulan Desember, meski belum mampu menembus perkiraan pasar.

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional China menyebutkan bahwa pertumbuhan inflasi konsumen Tiongkok mengalami kenaikan sebesar 0.3% di bulan Desember setelah bergerak flat atau 0.0% di bulan November. Survei ekonom memperkirakan bahwa pertumbuhan inflasi konsumen Tiongkok akan mengalami kenaikan sebesar 0.4% di bulan Desember.

Sedangkan dalam basis tahunannya, pertumbuhan inflasi konsumen Tiongkok mengalami kenaikan sebesar 1.8% di bulan Desember setelah mengalami kenaikan sebesar 1.7% di bulan November. Survei ekonom memperkirakan bahwa pertumbuhan inflasi konsumen Tiongkok untuk basis tahunan akan naik sebesar 1.9% di bulan Desember.

Sementara itu, di waktu yang bersamaan pula, Biro Statistik Nasional China melaporkan bahwa pertumbuhan inflasi produsen Tiongkok mengalami kenaikan sebesar 4.9% di bulan Desember setelah naik sebesar 5.8% di bulan November. Survei ekonom memperkirakan bahwa pertumbuhan inflasi produsen Tiongkok akan naik 4.8% di bulan Desember.