PM Morrison bela strategi lockdown Australia

Australia akan tetap menjalankan strategi penguncian wilayah (lockdown) untuk melawan COVID-19 sampai 70 persen penduduknya divaksinasi penuh, kata Perdana Menteri Scott Morrison pada Minggu.

Namun setelah itu, kata Morrison, Australia harus mulai hidup bersama virus corona.

Negara Kangguru itu mencatat rekor 914 kasus harian, saat lockdown ketat diberlakukan di negara bagian New South Wales (NSW), Victoria, dan Wilayah Ibu Kota.

“Kita tak bisa hidup dalam penguncian selamanya, kita harus mengganti persneling, dan semua itu dilakukan pada (tingkat vaksinasi) 70 persen,” kata Morrison dalam wawancara televisi di program Australian Broadcasting Corp (ABC).

Penguncian menjadi elemen kunci dalam strategi pemerintah federal untuk melawan wabah hingga tingkat vaksinasi 70 persen tercapai.

Setelah itu, perbatasan akan dibuka kembali secara bertahap jika angka vaksinasi naik menjadi 80 persen.

Namun menyimpang dari strategi nol-COVID yang diadopsi sejak pandemi mulai melanda, Morrison mengatakan kemungkinan besar Australia tidak akan mencapai nol kasus sebelum pembatasan dapat dilonggarkan.

“Lockdown bukan cara berkelanjutan untuk melawan virus dan itulah kenapa kita harus mencapai (vaksinasi) 70 persen dan 80 persen, sehingga kita dapat mulai hidup bersama virus,” kata dia.

Sekitar 60 persen dari 25 juta penduduk Australia kini berada di bawah penguncian.

Perintah untuk tinggal di rumah yang sering berlangsung berbulan-bulan telah menguji kesabaran banyak orang.

Kepolisian NSW mengatakan mereka telah mengenakan 928 sanksi denda dalam 24 jam terakhir atas pelanggaran aturan kesehatan publik.

Media melaporkan ratusan orang berkumpul pada Minggu untuk memprotes lockdown di perbatasan Negara Bagian Queensland.

Aksi itu digelar setelah ratusan orang ditangkap pada Sabtu (21/8) dalam demonstrasi anti lockdown di Sydney dan Melbourne, ibu kota dua negara bagian terpadat, NSW dan Victoria, yang dikunci ketat.

NSW pada Minggu melaporkan 830 kasus baru, sementara Wilayah Ibu Kota Australia tempat Canberra berada mencatat 19 kasus.

Secara nasional, kasus aktif di Australia mencapai hampir 12.000.

Victoria, yang menjalani lockdown keenam sejak awal pandemi, melaporkan 65 kasus penularan lokal pada Minggu.

“Kami kerahkan segalanya dalam (penguncian) ini,” kata menteri kesehatan Victoria, Martin Foley.

Baru sekitar 30 persen penduduk Australia berusia 16 tahun ke atas telah divaksinasi penuh, menurut data kementerian kesehatan pada Sabtu.

Kelambatan vaksinasi terutama disebabkan oleh menipisnya stok vaksin Pfizer dan kekhawatiran publik pada vaksin AstraZeneca.

Meski tengah menghadapi gelombang ketiga wabah yang dipicu varian Delta, angka kasus di Australia relatif rendah dengan total kasus kurang dari 44.000 dan 981 kematian.

NSW Australia dilanda cuaca ekstrem dengan rekor curah hujan tertinggi

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.