Pompeo : Mari Bersatu Melawan Partai Komunis China

JAVAFX – Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada hari Kamis (23/07/2020) menyerukan kepada pemerintah di seluruh dunia untuk bergabung dengan A.S. menghadapi para pemimpin Partai Komunis China (PKC). Pompeo berbicara secara berapi-api, bahwa hubungan dengan Beijing telah gagal.

Hal ini disampaikan di Perpustakaan Kepresidenan Richard Nixon di Yorba Linda, California. Menurutnya, ikatan AS dengan Cina yang telah dibangun oleh presiden ke-37 tersebut gagal terwujud. “Jenis pertunangan yang telah kami kejar belum membawa perubahan di dalam Cina yang diharapkan sebagaimana yang diharapkan oleh Presiden Nixon,” kata Pompeo.

Pidato ini muncul ditengah letusan ketegangan China – AS setelah AS memerintahkan penutupan konsulat China di Houston. Departemen Luar Negeri mengatakan langkah itu perlu dilakukan untuk melindungi kekayaan intelektual AS dan informasi pribadi. China sendiri telah berjanji akan melakukan pembalasan jika pesanannya tidak dibatalkan, dan AS dilaporkan sedang mempersiapkan Beijing untuk menutup satu atau lebih konsulat Amerika di Tiongkok.

Meminta pendekatan “kepercayaan tapi terverifikasi” sebagaimana dilontarkan Presiden Ronald Reagan kepada Uni Soviet, Pompeo mengatakan: “Ketika sampai pada [Partai Komunis Tiongkok], dan saya katakan, kita harus‘ tidak mempercayai dan memverifikasi. ”

Pun demikian, Pompeo menekankan bahwa AS masih akan terus menjalin komunikasi dengan China. Tetapi dia menggaris bawahi “setiap pemimpin dari setiap negara” untuk “menuntut timbal balik, untuk menuntut transparansi dan pertanggungjawaban dari Partai Komunis Tiongkok.” Dia juga mengatakan A.S. harus “memberdayakan” orang-orang Tiongkok, yang dia usahakan untuk bedakan dari partai.

Pidato Pompeo adalah yang keempat dari serangkaian pidato di China oleh pejabat tinggi administrasi Trump. Itu datang di tengah-tengah kampanye pemilihan presiden AS, di mana Presiden Donald Trump tertinggal di belakang calon Demokrat yang diduga Joe Biden dalam jajak pendapat di negara-negara medan pertempuran utama.

Trump telah menuai kritik terhadap China atas penanganan wabah koronavirus, sebuah kritik yang diulangi oleh Pompeo pada hari Kamis. Kasus-kasus awal virus terjadi di Wuhan, Cina, pada Desember 2019, dan Trump baru-baru ini pada hari Selasa menyebutnya sebagai “virus China.”

Perintah penutupan konsulat Houston datang setelah dua peretas China dituduh pada hari Selasa oleh Departemen Kehakiman mencuri rahasia dagang dan mencoba untuk mencuri penelitian tentang kandidat vaksin coronavirus.

Trump menuduh Biden bersikap lunak terhadap Cina. Sementara itu, rancangan platform partai Demokrat tahun 2020 menyebut praktik perdagangan China tidak adil dan mengatakan Demokrat akan bekerja sama dengan sekutu Eropa untuk mendorong kembali pada pemerintah Cina, Wall Street Journal melaporkan.

Saham AS berakhir di hari Kamis dengan melemah tajam, dimana penurunan oleh raksasa teknologi Apple dan Microsoft terhitung lebih dari setengah kerugian dari Dow Jones Industrial Average. Investor juga memilah data yang lemah tentang pekerjaan dan meningkatnya kekhawatiran bahwa paket bantuan keuangan kongres lain untuk bisnis dan rumah tangga yang dilanda pandemi dapat ditunda oleh perselisihan politik.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

AS Setujui Vaksin COVID-19 Buatan Johnson & Johnson

Badan Pangan dan Obat-obatan AS (Foods and Drugs Administration/FDA) pada Sabtu (27/2) secara resmi mengizinkan penggunaan vaksin virus corona (COVID-19) yang dikembangkan oleh Johnson...

Fraksi Demokrat Ingin Biden Lepaskan Otoritas Tunggal Peluncuran Nuklir

Presiden Amerika Serikat, yang selalu didampingi oleh seorang pembantu militer yang membawa tas berisi kode peluncuran nuklir, memiliki kewenangan tunggal untuk memerintahkan perang nuklir...

Trump Akan Hadir di Konferensi Tahunan Partai Republik

Mantan presiden AS Donald Trump akan hadir sebagai pembicara utama dalam Konferensi Aksi Politik Konservatif (CPAC) tahunan yang digelar oleh para anggota Partai Republik. Trump...

Biden akan minta pertanggungjawaban Saudi atas pelanggaran HAM

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengungkapkan bahwa dia akan meminta pertanggungjawaban Arab Saudi atas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Hal tersebut diungkapkan Biden saat...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502