Rangkuman Berita Pasar Terkini: Jumat, 2 Juli 2021

  • Klaim tunjangan pengangguran awal AS turun melampaui perkiraan pekan lalu, sementara tingkat PHK jatuh ke level terendah 21 tahun pada Juni, pasar tenaga kerja mulai membaik imbas dari pandemi COVID-19.
  • Klaim awal tunjangan pengangguran turun 51.000 menjadi 000, lebih rendah dari perkiraan untuk 390.000 pengajuan dan estimasi median survei Bloomberg untuk 388.000 pengajuan.
  • Aktivitas manufaktur AS tumbuh moderat pada bulan Juni, indeks aktifitas manufaktur Institute for Supply Management (ISM) turun ke 60,6 bulan lalu, turun dari 61,2 di bulan Mei.
  • Belanja konstruksi AS secara tak terduga turun 0,3% pada Mei setelah naik 0,1% pada April berlawanan dengan ekspektasi kenaikan naik 0,4%.
  • Imbal hasil obligasi AS merayap 3,1 basis poin di 1,4747% pada Kamis karena pasar menunggu laporan pekerjaan Juni sebagai petunjuk yang dapat mempengaruhi kebijakan Federal Reserve.
  • Beberapa investor bertaruh bahwa imbal hasil obligasi pemerintah AS akan tetap lemah atau terus melemah di paruh kedua tahun ini.
  • Indeks S&P 500 mencapai penutupan tertinggi keenam berturut-turut sepanjang masa pada hari Kamis, pengaruh optimisme pada data ekonomi di awal kuartal baru dan paruh kedua tahun ini.
  • Pasar saham global naik atas penguatan di pasar saham Eropa dan AS pada Kamis, dengan saham menepis akselerasi ulang yang cepat dalam kasus virus corona.
  • Inflasi konsumen Korea Selatan naik 2,4% pada basis tahunan di Juni, meleset dari perkiraan median untuk kenaikan 2,5% dan bertahan di atas 2% untuk bulan ketiga berturut-turut.
  • Harga emas bertahan dalam kisaran ketat pada hari Jumat karena investor menjauh dari pasar jelang laporan nonfarm payrolls AS yang dapat mempengaruhi sikap kebijakan Federal Reserve.
  • Data non-farm payrolls AS yang akan dirilis pada 12:30 GMT diperkirakan akan menunjukkan peningkatan 690.000 pekerjaan bulan lalu.
  • Dolar AS bertengger di level tertinggi 15 bulan terhadap yen dan di puncak multi-bulan terhadap mata uang utama lainnya pada hari Jumat, karena keyakian pasar terhadap data tenaga kerja AS yang kuat.
  • Saham Asia Pasifik bervariasi pada Jumat pagi, menemukan pijakannya pada hari perdagangan pertama bulan Juli saat investor nantikan data ketenagakerjaan AS.
  • Minyak di New York mempertahankan sebagian besar kenaikannya semalam setelah pertikaian di dalam OPEC+ menunda keputusan tingkat produksi.
  • Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan aliansinya, OPEC+ terpaksa menunda keputusannya produksi minyak ke pasar setelah anggota utama memblokir kesepakatan pada menit terakhir.

Share this post

Analisa Fundamental

Edukasi

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.