Rangkuman Berita Pasar Terkini: Selasa, 6 Juli 2021

  • Aktivitas Bisnis zona euro tumbuh pada laju tercepat dalam 15 tahun terakhir di Juni. Indeks Manajer Pembelian (PMI) komposit akhir IHS Markit menjadi 59,5 dari 57,1 Mei, level tertinggi sejak Juni 2006.
  • Saham berjangka AS datar dalam perdagangan semalam pada hari Senin karena Wall Street akan memulai minggu singkat pasca liburan dengan S&P 500 berjangka catat rekor tertinggi.
  • Survei Bank of Canada: Sentimen bisnis kuartal kedua semakin membaik, atas keyakinan vaksinasi akan mendongkrak pemulihan ekonomi yang semakin terlihat.
  • Bank of England telah meminta stafnya untuk berkantor setidaknya satu hari dalam seminggu mulai September, menyusul Perdana Menteri Boris Johnson umumkan Inggris akan mengakhiri pembatasan sosial dan ekonomi COVID-19 mulai 19 Juli.
  • Minyak mentah kembali naik di atas $76 per barel setelah OPEC+ akhiri pembicaraan tanpa kesepakatan untuk mengembalikan lebih banyak produksi yang terhenti bulan depan.
  • Para menteri OPEC+ membatalkan pembicaraan produksi minyak pada hari Senin menyusul Uni Emirate Arab menolak perpanjangan delapan bulan yang diusulkan untuk pembatasan produksi.
  • Harga emas mendekati level tertinggi dua minggu pada hari Selasa, atas melemahnya dolar AS, saat pasar nantikan risalah pertemuan kebijakan Federal Reserve AS bulan Juni.
  • Pertumbuhan pengeluaran rumah tangga Jepang bulan Mei melambat dari bulan sebelumnya, tumbuh 11,6% pada basis tahunan ke tahun di bulan Mei, lampaui perkiraan untuk kenaikan 10,9%.
  • Saham dunia masih mendekati rekor tertinggi pada hari Senin karena pasar mempertimbangkan lonjakan aktivitas bisnis Eropa dan laporan pekerjaan AS yang disambut baik.
  • Dolar AS dan beberapa mata uang utama sebagian besar stabil karena pasar menunggu risalah pertemuan Federal Reserve pada bulan Juni ketika mengejutkan pasar dengan sikap hawkish.
  • Dolar Selandia Baru naik pada hari Selasa setelah survei bisnis yang kuat menarik ekspektasi kenaikan suku bunga Selandia Baru hingga November.
  • Dolar Australia merayap lebih tinggi menjelang pertemuan penting kebijakan bank sentral di hari ini.
  • Survei menunjukkan kepercayaan bisnis Selandia Baru menunjukkan peningkatan tajam, kemauan untuk menaikkan harga dan rekor tertinggi perusahaan menghadapi masalah perekrutan.
  • Sebagian besar pasar saham Asia dibuka dengan kenaikan moderat pada hari Selasa, di tengah kekhawatiran pasar atas regulasi masa depan sektor teknologi kuat China.
  • Pasar AS ditutup pada hari Senin atas liburan Hari Kemerdekaan, membuat kawasan Asia tanpa petunjuk yang kuat untuk memulai perdagangan pada hari Selasa.
  • Fokus pasar minggu ini tertuju pada risalah pertemuan terbaru The Fed – yang dijadwalkan pada hari Rabu – setelah perubahan sikap hawkish dari The Fed mengejutkan pasar pada bulan lalu.

Share this post

Analisa Fundamental

Edukasi

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.