Ratusan migran tinggalkan Meksiko, protes lambatnya proses suaka

Ratusan migran dan pencari suaka dari Amerika Tengah dan Karibia meninggalkan kota Tapachula di Meksiko selatan secara massal pada Sabtu (28/8) dengan karavan menuju ke ibu kota Meksiko, di mana mereka berharap mencari proses suaka yang dipercepat.

Kelompok yang terdiri dari sekitar 500 orang itu termasuk keluarga dengan anak kecil dari Haiti, Kuba, Amerika Tengah, dan Kolombia, demikian menurut seorang saksi mata Reuters.

Karavan itu datang setelah berhari-hari protes oleh para migran di Tapachula, yang telah menuntut kasus mereka dipercepat sehingga mereka dapat meninggalkan negara bagian selatan dan pindah ke bagian lain Meksiko atau menuju ke perbatasan AS tanpa risiko deportasi, menurut laporan berita lokal.

“Kami tidak dapat bertahan hidup di Tapachula,” kata migran Kolombia Carlos Correa, 31, yang mengatakan dia bergabung dengan karavan pada Sabtu setelah menunggu selama tiga bulan tanpa menerima tanggapan atas permohonan suakanya.

“Kami meminta pemerintah Meksiko untuk membuat koridor kemanusiaan bagi kami sehingga kami dapat melakukan perjalanan ke perbatasan (AS),” katanya.

Di bawah hukum Meksiko, para migran harus tetap berada di negara bagian di mana mereka mencari suaka sampai kasus mereka diselesaikan, sebuah proses yang bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Baik Meksiko maupun Amerika Serikat telah menghadapi migrasi besar-besaran tahun ini, terutama dari Amerika Tengah, di mana kekerasan, kemiskinan, dan krisis kelaparan telah mendorong ratusan ribu orang mengungsi.

Agen Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP) AS telah melakukan lebih dari 1,2 juta penangkapan atau pengusiran migran yang melintasi perbatasan AS sejak Oktober.

Meksiko menghadapi tekanan yang meningkat dari Washington untuk mengambil langkah-langkah untuk membatasi imigrasi ke AS.

Dalam beberapa pekan terakhir, pemerintah Meksiko telah mengirim ribuan migran ke Meksiko selatan dengan pesawat, di mana mereka diangkut dengan bus ke perbatasan Guatemala.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.