RBA Naikan Suku Bunga, Sampaikan Kebijakan Tidak Pada Jalur Yang Ditentukan Sebelumnya

Bank sentral Australia (RBA) pada hari Selasa menaikkan suku bunga untuk keempat bulan berturut-turut, tetapi melunakkan pedoman kenaikan lebih lanjut karena memperkirakan inflasi yang lebih cepat tetapi juga perlambatan ekonomi.

Mengakhiri pertemuan kebijakan di Agustus, Reserve Bank of Australia (RBA) menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin menjadi 1,85%, menandai kenaikan 175 basis poin yang menggiurkan sejak Mei dalam pengetatan paling drastis sejak awal 1990-an. Namun, Gubernur RBA Philip Lowe juga membuat prospek kebijakan lebih bersyarat.

“Dewan mengharapkan untuk mengambil langkah lebih lanjut dalam proses normalisasi kondisi moneter selama beberapa bulan ke depan, tetapi tidak pada jalur yang telah ditentukan sebelumnya,” kata Lowe. Itu diambil sebagai langkah dovish oleh pasar mengingat Lowe telah berulang kali menyatakan Dewan RBA ingin mendapatkan suku bunga ke tingkat netral setidaknya 2,5%, di mana secara teoritis tidak akan merangsang atau menghambat pertumbuhan ekonomi.

Investor bereaksi dengan menjatuhkan dolar lokal turun 0,6% menjadi $0,6977, sementara obligasi berjangka tiga tahun naik 8 tick menjadi 87,250 karena pasar memangkas taruhan pada seberapa jauh dan cepat suku bunga pada akhirnya akan naik.

“Pernyataan itu berada di sisi ekspektasi yang dovish, menunjukkan bahwa diskusi pada pertemuan September mungkin akan kembali ke debat 25bp atau 50bp,” kata Adam Cole, ahli strategi di RBC Capital Markets. Lowe juga memperbarui perkiraan ekonomi RBA, mengatakan inflasi harga konsumen diperkirakan mencapai puncak sekitar 7,75% dibandingkan dengan 7% sebelumnya dan 6,1% pada kuartal Juni. Inflasi terlihat belum terlihat kembali ke atas kisaran target 2-3% RBA hingga tahun 2024.

Perkiraan pertumbuhan ekonomi diturunkan menjadi 3,25% selama tahun 2022, dan 1,75% di setiap tahun berikutnya. Sebelumnya bank telah memperkirakan pertumbuhan sebesar 4,2% pada tahun 2022 dan 2,0% pada tahun 2023.

Lowe berpendapat ekonomi dapat menahan rasa sakit dengan pengangguran di posisi terendah 48 tahun sebesar 3,5% dan lowongan pekerjaan di level tertinggi sepanjang masa. Permintaan rumah tangga telah bernasib relatif baik, sebagian berkat penghematan ekstra sebesar A$260 miliar ($178,59 miliar) yang dikumpulkan selama penguncian pandemi. Namun, biaya pinjaman yang lebih tinggi membuktikan hambatan besar pada daya beli mengingat rumah tangga berutang A$2 triliun dalam utang hipotek dan nilai rumah sekarang turun tajam setelah bumper 2021.

Kenaikan yang dilakukan sejauh ini akan menambah sekitar A$560 per bulan dalam pembayaran hipotek rata-rata A$620.000, dan itu di atas tagihan yang melonjak untuk energi dan makanan. Lowe telah menerima beberapa kritik atas serangkaian kenaikan yang cepat dengan satu tabloid lokal yang menyerukan agar dia berhenti dari pekerjaannya.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.