RBA Tetap Pertahankan Suku Bunga di Bulan September

0
93
Berita Ekonomi Australia

JAVAFX – Berita ekonomi yang dirilis pada hari Selasa(5/9/2017), telah memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga utama tanpa perubahan. Suku bunga utama Bank Sentral Australia saat ini berada pada level 1.50% di bulan September.

Dalam mengurai pandangannya, Bank Sentral Australia atau Reserve Bank of Australia(RBA) melihat pertumbuhan ekonomi global terus melanjutkan peningkatan. Meski terdapat hambatan, namun perkembangan pasar tenaga kerja semakin ketat dimana telah melaju di atas garis tren pertumbuhan.

Tiongkok yang merupakan mitra dagang utama Australia, para pejabat RBA melihat pertumbuhannya saat ini telah didukung peningkatan belanja di sektor infrastruktur dan konstruksi. Di sisi lain, harga komoditas secara keseluruhan telah mengalami kenaikan meski terms of trade –nya masih diperkirakan menurun dalam beberapa tahun mendatang.

Sementara itu, terkait dengan performa pasar tenaga kerja Australia, pertumbuhan upah dinilai masih rendah dan cenderung berlanjut dalam beberapa waktu mendatang. Sedangkan pertumbuhan ekonomi yang kuat diperkirakan mampu mendorong pertumbuhan inflasi saat ini.

Pasca keputusan dari RBA yang berisikan penetapan suku bunga 1.50% di bulan September ini, pergerakan AUDUSD sewaktu berita ini dibuat terpantau naik 0.28% di level 0.7967. Rentang pergerakan harian pasangan tersebut hingga sore ini pun terlihat telah menyentuh level terendah di 0.7943 dan level tertinggi di 0.7985.

 

Sumber berita : rba.gov

Sumber gambar : amazonaws (.com)