Saat Menunggu FOMC, Harga Emas Dihajar Dolar Yang Meroket

JAVAFX – Dolar menyentuh level tertinggi dalam satu minggu ini saat pertemuan kebijakan dua hari Fed dimulai pada hari Selasa (26/01/2021). Disisi lain, pasar juga mencermati kenaikan kasus bari wabah Corona secara global.

Harga emas berakhir dengan penurunan tipis pada perdagangan di hari Selasa karena penguatan Dolar AS dan adanya kekhawatiran pasar atas berlalunya paket stimulus AS. Hal ini membebani daya tarik Emas, saat investor menunggu hasil pertemuan kebijakan Federal Reserve. Pasar menantikan sejauh mana isyarat dan prospek kebijakan moneter Bank Sentral AS.

Pada perdagangan di pasar spot, harga emas turun 0,2% menjadi $ 1,852.30 per troy ons. Sementara dalam perdagangan di bursa berjangka, harga emas turun 0,3% menjadi $ 1,849.60. pelaku pasar nampak sekali beralih ke obligasi dan dolar, menjauh dari emas.

Pasar mengkhawatirkan potensi penundaan stimulus, sehingga meninggalkan emas pada belas kasihan kebijakan bank sentral AS kedepannya.  Dolar AS sendiri mencapai hampir satu minggu tertinggi terhadap saingannya, membuat emas mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Rencana stimulus fiskal Presiden Joe Biden senilai $ 1,9 triliun tertahan dengan keberatan dari Partai Republik, yang telah menyebut proposal itu terlalu mahal dan mendorong rencana yang lebih kecil menargetkan distribusi vaksin. Sulit mendapatkan persetujuan dari Kubu Republik atas bantuan semua $ 1,9 triliun agar bisa disahkan Senat. Demokrat nampaknya harus menyerah dan melenggang sendiri .

Harga Emas disisi lain juga turun meskipun imbal hasil Obligasi AS tenor 10 tahun telah mencapai harga terendah dalam tiga minggu. Hasil yang lebih rendah mengurangi biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan hasil.

Pasar kini lebih menitik beratkan pada segala isyarat yang dikirimkan dari pertemuan berkala Bank Sentral AS. Ini merupakan pertemuan kebijakan dua hari Federal Reserve yang pertama  di tahun 2021. Jika Fed memberi sinyal bahwa mereka tidak ingin melakukan ekspansi stimulus, dan menempatkan benih di luar sana yang mungkin harus mereka lakukan pertimbangkan untuk keluar lebih cepat dari yang mereka pikirkan saat ini. Hal ini tentu bisa merugikan emas.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Jangan Terlalu Tinggi Berharap Pada Permintaan Minyak China, Cadangannya Hampir Penuh

JAVAFX - Permintaan minyak yang kuat di Asia telah mendukung sentimen bullish di pasar minyak dalam beberapa pekan terakhir, tetapi harga minyak yang lebih...

Biden tandai peringatan Selma, perluas akses mencoblos

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menandatangani perintah eksekutif pada Minggu yang dirancang untuk memudahkan warga Amerika memilih, ketika Partai Republik di seluruh negara...

Biden Ajukan Program Infrastruktur dalam Pertemuan Bipartisan

Presiden Joe Biden, Kamis (4/3), bertemu dengan anggota Kongres dari Partai Republik dan Demokrat di Ruang Oval dalam upaya mendapatkan dukungan bagi program infrastruktur...

Harga Minyak Tinggi, Arab Saudi dan Rusia Berunding Kembalikan Tambahan Produksi

JAVAFX - Arab Saudi dan Rusia berbicara tentang membawa kembali 1 juta barel per hari online ke pasar minyak, Wall Street Journal melaporkan pada...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502