Safe Haven Emas Masih Berlanjut

0
680

JAVAFX – Safe haven emas masih berlanjut pada perdagangannya sore hari ini dan masih berusaha untuk mendekati lagi level psikologisnya $1300 per troy ounce, dengan tetap di dekat area tertinggi 2 pekannya setelah PBB menjatuhkan sanksi baru kepada Korea Utara di akhir pekan lalu dan AS juga menjatuhkan sanksi tambahan semalam sehingga investor mencari pengaman sesaatnya.
Hal inilah yang sedikit banyak membuat harga emas kontrak Februari di bursa berjangka New York Mercantile Exchange divisi Comex sementara menguat $1,90 atau 0,19% di level $1289,40 per troy ounce. Untuk harga perak kontrak Maret di Comex ditutup menguat $0,06 atau 0,34% di level $16,66 per troy ounce.
Memang nuansa safe haven emas tampak sejak sebelum libur Natal dimana akhir pekan lalu Dewan Keamanan PBB mengeluarkan sanksi baru kepada Korea Utara akibat dari masih membandelnya Pyongyang ini yang terus mengembangkan senjata nuklirnya. PBB melarang 90% ekspor minyak dunia ke Korea Utara disertai dengan pelarangan pengiriman uang yang berasal luar negeri ke dalam negeri tersebut.
Pihak Korea Utara rupanya kesal dengan upaya AS dan sekutunya yang terus menekan Pyongyang dan situasi tersebut sebagai usaha menjatuhkan harga diri dan martabat serta kedaulatan negara. Pyongyang memutuskan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan senjata nuklirnya.
Semalam pihak AS menambahkan sebuah sanksi baru ke Korea Utara dengan membidik 2 pejabat Korea Utara untuk dilarang beraktivitas sehingga hal ini menambah situasi safe haven emas yang lebih kental. Sejauh ini usaha Rusia untuk menjadi mediator di antara 2 pihak yang bersengketa yaitu AS dengan Korea Utara juga belum menampakkan hasilnya sehingga nuansa safe haven emas masih berlanjut sambil menantikan data keyakinan konsumen AS nanti malam.
Beberapa fundamental ekonomi AS akhir pekan lalu dan semalam juga tidak banyak membantu penguatan dolar AS sehingga hal ini coba dimanfaatkan emas untuk menjauhi level terendah 6 bulannya.
Fundamental ekonomi AS hari ini dapat menjadi penggerak pasar meskipun kebiasaan di kala perdagangan libur akhir tahun, pasar akan menyikapi dengan volume yang kecil. Data keyakinan konsumen AS akan rilis dimana investor akan melihat seberapa besar belanja investasi akan masuk dan membuat ekonomi AS bergairah. Semakin bagus keyakinan konsumen maka semakin banyak arus modal investasi akan masuk sehingga kinerja emas akan melemah.
Kebiasaan ketika jelang akhir tahun, perdagangan akan sedikit bergeraknya krena sebagian besar sedang berlibur sehingga dibutuhkan sebuah kehati-hatian dalam bertransaksi hingga awal tahun nanti.
Sumber berita: Reuters, Investing, Kitco, Bloomberg, BBC
Sumber gambar: BBC