Saham Asia Anjlok Jelang Perdagangan Akhir Tahun

JAVAFX – Pada perdagangan hari Senin (30/12), bursa saham Asia sebagian besar terpantau merosot karena optimisme pasar menjelang akhir tahun perdagangan dan ditengah kekhawatiran Bank Sentral China diperkirakan akan menggunakan suku bunga pinjaman sebagai patokan baru untuk menentukan harga pinjaman suku bunga mendatang.

Indeks Shanghai turun 0,3%, Indeks Hang Seng merosot 0,10%, Indeks Nikkei Jepang anjlok 0,47%, Indeks S&P/ASX 200 turun 0,54%, Indeks Kospi Korea Selatan memangkas beberapa keuntungan sebelumnya untuk diperdagangkan di bawah garis datar.

Secara keseluruhan, indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik di luar Jepang tergelincir 0,16%.

Pasar di Jepang dan Korea Selatan akan ditutup besok, pada Malam Tahun Baru. Australia, Hong Kong dan Singapura akan tutup lebih awal sekitar tengah hari.

Bank sentral China mengatakan bahwa mereka akan menggunakan suku bunga pinjaman sebagai patokan baru untuk menentukan harga pinjaman suku bunga mengambang saat ini, yang dapat menurunkan biaya pinjaman dan mendorong pertumbuhan, menurut laporan Reuters.

Harga minyak sedikit berubah selama pagi Asia jam, setelah militer AS melakukan serangan ke pertahanan presisi di Irak dan Suriah terhadap kelompok milisi setelah serangkaian serangan terhadap pangkalan Irak yang menjadi tuan rumah anggota layanan Amerika. Pentagon mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tiga lokasi di Irak dan dua di Suriah menjadi sasaran pasukan AS.

Minyak mentah Brent naik 0,13% pada level $68,25 per barel, sementara minyak mentah AS diperdagangkan flat di sekitar $61,71 per barel.

Dalam mata uang, dolar AS diperdagangkan mendekati datar terhadap sekeranjang rekan-rekannya. Indeks dolar berada di sekitar 96,877.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Data Penjualan Rumah AS Tumbuh DIatas Perkiraan

Penjualan rumah baru keluarga tunggal AS naik 4,3% ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 923 ribu di bulan Januari, dari 885 ribu di...

FDA: Satu Suntikan Vaksin Johnson & Johnson Cukup Melawan COVID-19

Pemerintah Amerika menetapkan bahwa satu suntikan vaksin Covid-19 buatan Johnson & Johnson aman dan memberikan perlindungan parsial terhadap penyakit itu. Dalam analisa yang dirilis hari...

Biden akan minta pertanggungjawaban Saudi atas pelanggaran HAM

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengungkapkan bahwa dia akan meminta pertanggungjawaban Arab Saudi atas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Hal tersebut diungkapkan Biden saat...

AS Setujui Vaksin COVID-19 Buatan Johnson & Johnson

Badan Pangan dan Obat-obatan AS (Foods and Drugs Administration/FDA) pada Sabtu (27/2) secara resmi mengizinkan penggunaan vaksin virus corona (COVID-19) yang dikembangkan oleh Johnson...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502