Selandia Baru Menaikkan Cash Rate Sebesar 50Bps Menjadi 4,75%

0
103
Reserve Bank of New Zealand

Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) pada hari Rabu menaikkan suku bunga resmi sebesar 50bps ke level tertinggi sejak Januari 2009 sebesar 4,75% selama pertemuan pertama tahun ini, sesuai dengan konsensus pasar.

Keputusan bank hari ini adalah kenaikan ke-10 berturut-turut, menghasilkan total kenaikan 450bps sejak Oktober 2021, kebijakan pengetatan paling agresif sejak 1999. Dewan mengatakan inflasi terlalu tinggi, pada tingkat tahunan 7,2%, inflasi inti tetap tinggi, lapangan kerja berada di luar batasnya. berkelanjutan, dan ekspektasi inflasi tetap tinggi.

Komite menandai lebih banyak kenaikan suku bunga yang akan datang, melihat suku bunga akan mencapai puncaknya pada 5,5% tahun ini. Bank sentral masih memproyeksikan ekonomi akan mulai menyusut pada Q2 tahun 2023.

Mengenai dampak Topan Gabrielle, RBNZ mengatakan peningkatan inflasi dan gangguan output diperkirakan terjadi dalam waktu dekat dan pekerjaan pembangunan kembali akan meningkatkan aktivitas di tahun-tahun mendatang. Kontribusi terbaik yang dapat diberikan kebijakan moneter adalah membebaskan sumber daya di tempat lain dengan memperlambat permintaan melalui tingkat suku bunga yang lebih tinggi.

Dolar Selandia Baru (NZD) masih belum banyak merespon keputusan ini, pasangan NZDUSD terpantau bergerak naik tipis ke 0.62450 dari 0.62188. Pergerakan mata uang NZD dan mata uang utama lainnya di bulan Februari ini tertekan oleh menguatnya dolar AS.