Sentimen Bisnis Jerman Ditopang Sektor Jasa Di Bulan Mei

Sentimen bisnis Jerman tak terduga naik di bulan Mei berkat kenaikan di sektor jasa ekonomi terbesar Eropa tersebut yang membantu mengimbangi dampak inflasi yang tinggi, masalah rantai pasokan dan perang Ukraina, sebuah survei menunjukkan pada hari Senin.

Institut Ifo mengatakan indeks Iklim bisnisnya naik menjadi 93,0 pada Mei menyusul revisi kenaikan menjadi 91,9 di April dari 91,8. Dalam jajak pendapat Reuters analis memperkirakan kenaikan 91,4 di Mei. Ifo mengatakan dalam pernyataannya “saat ini tidak ada tanda-tanda resesi yang dapat diamati”.

“Ekonomi Jerman terlihat cukup tangguh,” ekonom Ifo Klaus Wohlrabe mengatakan kepada Reuters, menambahkan bahwa penyedia jasa diuntungkan dari pelonggaran pembatasan COVID-19 – terutama di sektor pariwisata dan perhotelan.

“Tidak ada tanda-tanda berkurangnya hambatan pasokan di sini,” kata Wohlrabe, seraya menambahkan bahwa permintaan untuk produk industri telah berkurang. Secara keseluruhan, ekspektasi harga perusahaan telah turun. “Namun, kenaikan harga masih menjadi agenda,” kata Wohlrabe.

Data yang dirilis Jumat lalu menunjukkan inflasi harga produsen Jerman mencatat kenaikan tahunan tertinggi pada April, melonjak 33,5% di tahun ini, imbas perang Ukraina yang menyebabkan biaya energi melonjak untuk industri Jerman.

Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner, yang menjadi tuan rumah pertemuan kekuatan ekonomi Kelompok Tujuh pekan lalu, mengatakan inflasi perlu kembali ke 2% dengan cepat dan bank sentral memiliki “tanggung jawab besar” untuk membantu mengendalikannya di G7.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.