Serangkaian Program The Fed Untuk Hambat Pelemahan Ekonomi

JAVAFX – Bank Sentral Amerika pada hari Selasa (24/3) waktu setempat meluncurkan serangkaian program untuk menghambat pelemahan ekonomi dengan memperlambat virus corona yang terus menyebarkan terror kematian di seluruh dunia dan menjaga lebih banyak orang agar tetap aman.

Untuk pertama kalinya, The Fed akan mendukung pembelian obligasi korporasi, memberikan pinjaman langsung kepada perusahaan dan “segera” akan meluncurkan program untuk mendapatkan kredit untuk bisnis kecil dan menengah serta akan memperluas pembelian aset sebanyak yang diperlukan untuk menstabilkan pasar keuangan.

Gold Trading

Serangkaian tindakan menandai intervensi besar-besaran oleh bank sentral AS di luar pasar keuangan, di mana ia sejauh ini memusatkan daya tembaknya, ke dalam ekonomi AS yang sebenarnya.

“Ini adalah momen luar biasa yang The Fed pernah lakukan,” kata Russell Price, kepala ekonom di Ameriprise Financial Services di Troy, Michigan.

Hampir sepertiga dari populasi AS telah didesak untuk tetap di dalam rumah ketika gubernur dari California ke New York mengamanatkan “jarak sosial” dan penutupan bisnis yang tidak penting untuk memperlambat penyebaran virus dari orang ke orang.

Dengan pelanggan menghilang dengan cepat, bisnis yang kelaparan uang mungkin dapat memanfaatkan “jalur kehidupan” The Fed untuk tetap bertahan sementara penutupan terus berlangsung, kata profesor ekonomi Universitas Oregon, Tim Duy.

The Fed masih bekerja untuk mempertahankan aliran kredit karena mereka tahu apa yang terjadi selama Depresi (ketika) terlalu banyak perusahaan merosot. Semakin banyak kerusakan yang terjadi, semakin sulit untuk memulai kembali ekonomi,” jelas Duy.

Namun, tanpa bantuan fiskal besar-besaran, upaya seperti itu tidak akan cukup untuk membendung gelombang dari apa yang diperkirakan oleh para ekonom yang disurvei oleh Reuters dapat berupa sejuta klaim pengangguran yang ditebangi di seluruh negeri dalam seminggu, dengan lebih banyak lagi yang akan datang.

Saham-saham AS turun pada Senin dan imbal hasil pada obligasi AS jatuh setelah pengumuman tersebut, karena anggota parlemen AS berjuang untuk mencapai kesepakatan mengenai paket stimulus setelah gagal mencapai kesepakatan.

Investor kredit korporasi AS, mereka menyambut baik langkah The Fed, mengirimkan harga dana investasi yang diperdagangkan di bursa obligasi korporasi kelas-A.

Di bawah program-program baru, The Fed akan meminjamkan terhadap pinjaman mahasiswa, pinjaman kartu kredit dan pinjaman yang didukung pemerintah AS untuk usaha kecil dan memberikan pinjaman kepada pengusaha besar dalam jumlah yang besar selama empat tahun pembiayaan.

Ratusan ribu orang telah mengajukan asuransi pengangguran di California saja, gubernur negara bagian mengatakan pada akhir pekan. Banyak analis memproyeksikan ekonomi AS menyusut lebih cepat pada kuartal berikutnya daripada pada kuartal mana pun selama resesi hebat.

Dalam sebuah pernyataan The Fed mengatakan upaya itu, yang disetujui dengan suara bulat oleh anggota Komite Pasar Terbuka, diambil karena “telah menjadi jelas bahwa ekonomi kita akan menghadapi gangguan parah” sebagai akibat dari krisis kesehatan. “Prioritas utama bangsa kita adalah merawat mereka yang menderita dan membatasi penyebaran virus lebih lanjut.”

Pada pekan lalu, The Fed memangkas biaya pinjaman menjadi nol dan mengambil langkah darurat lainnya untuk menjaga kertas komersial, keuangan dan pasar pendanaan dolar asing berfungsi.

“Ini adalah upaya habis-habisan The Fed untuk memastikan bahwa sektor bisnis dan rumah tangga dapat berlanjut dan melakukan segala cara yang bisa dilakukan untuk menstabilkan perekonomian” kata Sam Bullard, ekonom senior untuk Wells Fargo Securities.