Setelah Turun Secara Dramatis, Indikasi Kenaikan Harga Emas Masih Solid

JAVAFX – Pada perdagangan diakhir pekan, Jumat (08/01/2021) harga emas mengalami penurunan sebesar $ 66 yang dramatis dan membawa harga emas di bawah rata-rata pergerakan dalam 200 hari untuk pertama kalinya sejak 1 Desember 2020. Hal yang lebih mengkhawatirkan pasar adalah fakta bahwa setelah diperdagangkan ke level terendah $ 1828, emas berjangka diperdagangkan dari penutupan terendah di $ 1.836 yang mana adalah empat dolar di bawah rata-rata pergerakan 200-hari.

Dalam perdagangan yang volatile, kemudian kita melihat peningkatan kisaran yang berlebihan dengan pembukaan perdagangan emas di hari Senin (11/01/2021) pada $ 1849, hanya $ 9 di atas rata-rata pergerakan 200 hari, dan kemudian diperdagangkan ke level terendah intraday selama sesi malam $ 1817 sebelum pulih.

Harga emas untuk kontrak paling aktif Februari 2021 Comex saat ini naik $ 11,60 dan ditetapkan pada $ 1,847.00. Dimana ketiga indeks utama bursa saham AS, Dow, S&P 500, dan NASDAQ lebih rendah pada hari itu, dan secara bersamaan aksi jual yang kuat di Bitcoin, para pelaku pasar telah memfokuskan kembali perhatian mereka pada aspek safe-haven emas.

Kenaikan harga hari ini cukup kuat untuk mengatasi penguatan dolar. Emas berjangka saat ini diperdagangkan naik + 0,63%, sementara dolar AS naik + 0,48% saat ini ditetapkan pada 90,485. Ini berarti bahwa jika kita melihat dolar netral hari ini, emas akan memperoleh total 1,11%.

Dipercayai bahwa aksi jual emas yang kuat pada hari Jumat diperbesar atau dibesar-besarkan mungkin mencerminkan penyeimbangan kembali dari emas menjadi Bitcoin karena cryptocurrency memecahkan $ 40.000 per koin untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Pada hari Jumat, BTC mencapai tertinggi intraday di 42.611,00. Tindakan baru-baru ini di BTC mengambil parabola harga, dengan kisaran minggu lalu mengandung yang terendah sekitar $ 28.000 dan tertinggi $ 42.000. Tetapi seperti yang akan dijelaskan oleh analis pasar mana pun, biasanya pasar yang bergerak naik secara parabola memiliki kekuatan yang sama ketika mengoreksi, persis seperti yang terjadi hari ini. Saat ini kontrak BTC paling aktif (CME bitcoin futures) ditetapkan pada $ 33.800 dan turun $ 5.720 (-14,42%).

Secara teknis , harga emas telah menunjukkan bahwa level berikut dapat menjadi level support utama. Level terendah dari level ini terjadi pada retracement 50% yang saat ini ditetapkan pada $ 1,768.60. Di atas titik harga tersebut, level berikutnya adalah rata-rata pergerakan 200 hari yang saat ini ditetapkan pada $ 1,840 tepat di atasnya adalah level retracement Fibonacci 38,2% yang dibuat dari kumpulan data yang dimulai pada bulan Maret ketika emas diperdagangkan pada $ 1.400 hingga rekor tertinggi sepanjang masa. Agustus 2020 seharga $ 2.088. Sementara harga emas saat ini mendekati level support yang telah kita bicarakan, level resistance kuat pertama terjadi pada $ 1,869 yang merupakan moving average 50-hari saat ini.

Secara fundamental, harga emas bisa mencapai ke rekor tertinggi baru. Pada hari Kamis, Presiden terpilih Joe Biden akan mengeluarkan anggarannya untuk putaran stimulus fiskal berikutnya di mana dia telah memperingatkan bahwa jumlahnya akan mencapai beberapa triliun dolar. Ketika ditambahkan ke stimulus fiskal senilai $ 4 triliun yang dialokasikan selama dua putaran oleh Departemen Keuangan AS, hasil bersihnya menjadikan defisit anggaran Amerika Serikat sebagai jumlah terbesar dalam sejarah. Juga karena resesi ini, yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 terus memburuk bahkan saat vaksin sedang diluncurkan secara global. Kemudian ada potensi, meski kecil, bahwa pendukung Trump akan terus mendatangkan malapetaka dengan intel menyarankan militan berencana untuk menyerbu gedung-gedung ibukota di setiap negara bagian minggu depan.

Secara kolektif, peristiwa-peristiwa ini paling-paling akan memperlambat upaya pemulihan ekonomi, dan lebih buruk lagi dapat memiliki efek akhir dari kontraksi ekonomi yang berkelanjutan di seluruh dunia. Karena alasan itulah potensi naik tetap solid meskipun emas diperdagangkan lebih rendah secara dramatis pada hari Jumat.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

PM Johnson: Pembukaan kembali sekolah langkah menuju kenormalan

Pembukaan kembali sekolah-sekolah di Inggris untuk semua siswa pada Senin akan menandai langkah pertama kembali ke arah normalitas, dan hanya mungkin karena upaya masyarakat...

Jangan Terlalu Tinggi Berharap Pada Permintaan Minyak China, Cadangannya Hampir Penuh

JAVAFX - Permintaan minyak yang kuat di Asia telah mendukung sentimen bullish di pasar minyak dalam beberapa pekan terakhir, tetapi harga minyak yang lebih...

CDC AS Dukung Vaksin COVID-19 Buatan Johnson & Johnson

Panel penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) pada Minggu (28/2) mendukung vaksin Johnson & Johnson. Panel...

Biden tandai peringatan Selma, perluas akses mencoblos

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menandatangani perintah eksekutif pada Minggu yang dirancang untuk memudahkan warga Amerika memilih, ketika Partai Republik di seluruh negara...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502