Suku Bunga Kanada Naik Menjadi 1.25%

0
166
Berita Ekonomi Kanada

JAVAFX – Berita ekonomi pada hari Rabu(17/1/2018), Bank Sentral Kanada telah memutuskan untuk menaikan tingkat suku bunga mereka menjadi 1.25% untuk pertemuan kebijakan di bulan Januari 2018.

Keputusan tesebut ditempuh ketika Bank Sentral Kanada melihat adanya pertumbuhan inflasi yang meningkat dalam beberapa waktu terakhir dimana semakin dekat dengan target mereka. Di sisi lain, ketidakpastian atas masa depan NAFTA atau Nort American Free Trade Agreement telah meredupkan proyeksi pertumbuhan ekonomi.

Dalam kesempatan ini pula, Bank Sentral Kanada menyampaikan pandangan mereka terhadap ekonomi global. Pertumbuhan akan melanjutkan penguatan, sedangkan momentum penguatan ekonomi AS akan didapat dari perubahan pajak saat ini.

Di sisi lain, untuk harga komoditas global menurut Bank Sentral Kanada akan mengalami peningkatan, meski selisih harga minyak Kanada dengan harga minyak patokan dunia memiliki sedikit selisih harga.

Di Kanada sendiri, pertumbuhan PDB diperkirakan akan melambat, dimana akan naik sebesar 2.2% sepanjang tahun 2018 dan 1.6% di tahun 2019. Sementara itu, sektor investasi perumahan dan konsumen telah mengalami peningkatan sehingga ini mencerminkan akan adanya peningkatan pertumbuhan pada pasar tenaga kerja Kanada.

Laju investasi bisnis juga memperlihatkan peningkatan yang solid dan imbal hasil dari investasi pun akan tetap positif. Akan tetapi, aktivitias ekspor diperkirakan akan mengalami sedikit pelemahan lebih dari yang diperkirakan sebelumnya.