Surplus Neraca Perdagangan Australia Meluas

0
95
Berita Ekonomi Australia

JAVAFX – Berita ekonomi yang dirilis pada hari Kamis(6/7/2017), telah memperlihatkan bahwa kondisi surplus neraca perdagangan Australia mengalami peningkatan di bulan Mei. Tingginya aktifitas ekspor pada periode Mei ini merupakan faktor utama yang menyebabkan meluasnya surplus saat ini.

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Statistik Australia menyebutkan bahwa surplus pada neraca perdagangan Australia telah mengalami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 2.47B di bulan Mei. Sedangkan pasar sebelumnya telah memperkirakan bahwa kondisi surplus neraca perdagangan Australia akan naik menjadi 1.00B di bulan Mei.

Meluasnya angka surplus yang dihasilkan oleh neraca perdagangan Australia ini telah diakibatkan tingginya jumlah aktifitas ekspor pada bulan Mei. Biro Statistik Australia mencatat bahwa sektor ekspor Australia di bulan Mei telah mengalami kenaikan sebesar 9.0% setelah turun 8.0% di bulan sebelumnya. Di sisi lain, sektor impor di Australia juga memperlihatkan adanya peningkatan, dimana terpantau naik sebesar 1.0% di bulan Mei setelah turun 1.0% di bulan sebelumnya.

Sementara itu, sewaktu berita ini dirilis, pergerakan AUDUSD terpantau melemah 0.07% dengan diperdagangkan pada level 0.7598 dimana telah bergerak menyentuh level terendah di 0.7586 dan level tertinggi di 0.7611.

 

Sumber berita : Forex Factory

Sumber gambar : Felton (.com.au)