Tewasnya Qassem Sulaemani Mendorong Aset Safe Haven Naik

JAVAFX – Investor bergegas ke aset safe haven pada hari Jumat setelah serangan udara A.S. di Irak menewaskan seorang pejabat senior militer Iran, mengirim yen Jepang ke level tertinggi tiga bulan, sementara indeks dolar AS diguncang oleh aktivitas pabrik domestik terlemah dalam satu dekade.

Selain yen, Obligasi AS dan Jerman bersama dengan Emas juga ikut reli  setelah serangan udara semalam di Baghdad menewaskan Qassem Soleimani, komandan militer paling terkenal di Teheran dan arsitek pengaruh militernya yang berkembang di Timur Tengah.

“Secara keseluruhan, premia risiko geopolitik telah meningkat secara substansial dalam semalam,” kata Karl Schamotta, kepala strategi pasar di Cambridge Global Payments. Investor “benar-benar mencari tempat berlindung yang aman dan pelabuhan di tengah badai,” tambahnya.

Yen Jepang telah naik setinggi 107,82 per dolar dan terakhir naik 0,48% pada hari itu di 108,04. Yen sering dipandang sebagai surga dari risiko, mengingat status Jepang sebagai negara kreditor terbesar di dunia. Liburan di Tokyo juga dibuat untuk kondisi yang tipis, melebih-lebihkan kepindahan itu.

Indeks dolar AS awalnya diuntungkan dari perpindahan ke aset safe-haven, tetapi kenaikan itu terhapus setelah Institute for Supply Management (ISM) melaporkan bahwa sektor manufaktur berkontraksi secara signifikan pada Desember. Itu bertahan 0,03% pada hari itu di 96.873.

Serangan itu memicu kekhawatiran tentang gangguan pasokan minyak mentah, mengangkat harga minyak lebih dari $ 3. Harga minyak sedikit naik karena harga minyak mentah yang lebih tinggi, tetapi itu kemudian sebagian besar diimbangi oleh langkah keseluruhan menjauh dari risiko, kata Schamotta.

Sektor manufaktur AS mengalami kontraksi pada Desember paling banyak dalam lebih dari satu dekade, dengan volume pesanan turun mendekati level terendah 11 tahun dan pekerjaan pabrik turun selama lima bulan berturut-turut, menurut laporan dari ISM yang dirilis pada Jumat.

“Itu angka yang menyedihkan,” kata Schamotta.

Ini menunjukkan “ketidakpastian terkait perang perdagangan telah benar-benar merusak sektor manufaktur secara berkelanjutan dan itu menunjukkan kelemahan dalam PDB, terutama pada kuartal mendatang karena apa yang Anda mungkin lihat adalah penarikan inventaris sebagai lawan dari pembangunan berkelanjutan.”

Efek jangka panjang pada dolar tidak jelas. Meskipun melemah pada hari Jumat, greenback pada akhirnya akan diuntungkan jika manufaktur AS melambat harapan untuk pertumbuhan global pada tahun 2020.

“Gagasan bahwa negara-negara lain yang merupakan eksportir besar ke AS mungkin melihat rebound besar dalam waktu dekat – gagasan itu kehilangan daya tarik di sini,” kata Schamotta. (WK)

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

The Fed Buka Peluang Kenaikan Suku Bunga Karena Inflasi Naik

Federal Reserve pada hari Rabu secara signifikan meningkatkan ekspektasi inflasi tahun ini dan mengajukan kerangka waktu kapan selanjutnya akan menaikkan suku bunga. Namun, bank sentral...

Biden teken UU tentang libur 19 Juni, atasi ketakadilan historis AS

Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris menandatangani undang-undang pada Kamis (17/6) untuk menjadikan 19 Juni sebagai hari libur federal untuk memperingati...

Biden Akan Sahkan Penetapan Hari Libur Nasional Juneteenth

Presiden AS Joe Biden pada hari Kamis (17/6) dijadwalkan menandatangani undang-undang yang menetapkan hari libur federal baru untuk memperingati berakhirnya perbudakan di AS. Hari Kebebasan...

Biden Bertemu Erdogan di Sela-sela KTT NATO

Presiden AS Joe Biden Senin (14/6) bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdo?an di sela-sela KTT NATO di Brussels. Biden kepada awak media mengatakan kedua...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502