Trader Awasi Keputusan ECB, Euro dan Dolar Sideways

0
224

Dolar AS dan euro bergerak sideways atau stabil di awal perdagangan Eropa Kamis, dengan para trader berhati-hati menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa yang diantisipasi secara luas yang akan menandakan pengetatan kebijakan moneternya.

Indeks Dolar, yang mengukur pergerakan greenback terhadap sekeranjang enam mata uang lainnya, diperdagangkan sebagian besar tidak berubah di 102,545. Pasangan mata uang EUR/USD naik lebih tinggi ke 1,0716, setelah diperdagangkan dalam kisaran terbatas untuk sebagian besar minggu ini, karena para trader dengan sabar menunggu berita dari pembuat kebijakan ECB.

Bank sentral Eropa (ECB) secara luas diperkirakan akan mengumumkan akhir dari program pembelian aset yang sudah berjalan lama, sementara juga membuka jalan bagi kenaikan suku bunga pertama dalam lebih dari satu dekade bulan depan.

Kenaikan 25 basis poin pada bulan Juli dan September, mengangkat suku bunga deposito dari -0,5% saat ini, adalah ekspektasi konsensus saat ini. Tetapi ada banyak ketidakpastian seputar ukuran setiap kenaikan dan laju pengetatan di masa depan, terutama dengan inflasi yang saat ini berjalan lebih dari empat kali lipat dari tujuan jangka menengah 2% bank sentral.

Pertemuan ECB “akan menimbulkan pertanyaan mengapa pengetatan tertunda dan apakah kenaikan suku bunga 25bp pada Juli adalah kesepakatan yang dilakukan atau jika ada ruang untuk lebih,” kata analis di ING, dalam sebuah catatan. “Setiap pesan yang tidak menandakan keterbukaan untuk kenaikan 50bp kemungkinan akan gagal memenuhi ekspektasi hawkish pasar dan mendorong EUR/USD lebih dekat ke 1,0500.”

Bank-bank sentral di seluruh dunia telah mulai merespons kenaikan inflasi dengan mengetatkan kebijakan moneter secara agresif. Federal Reserve naik 50 basis poin bulan lalu, seperti yang dilakukan bank sentral India dan Australia awal pekan ini.

Pengumuman kebijakan ECB dijadwalkan pada 18.45 WIB, dengan konferensi pers Presiden ECB, Lagarde setelah 45 menit kemudian.

Trader forex harap berhati-hati jelang pengumuman suku bunga ECB terutama akan berdampak kuat terhadap euro dan pasangan mata uangnya.