Trump dan Xi Setuju Untuk Menunda Tarif Baru, Perang Dagang Mereda

JAVAFX – Presiden AS, Donald Trump dan Presiden Tiongkok, Xi Jinping pada hari Sabtu lalu telah sepakat untuk melanjutkan pembicaraan dagang mereka dan menunda untuk mengenakan tarif baru. Apa yang dihasilkan dari pertemuan kedua pemimpin negara ekonomi terbesar dunia tersebut memberikan angin segar bagi dunia karena untuk sejenak meredakan ketegangan perang dagang.

Di sela-sela pertemuan G20 di Osaka, Jepang, kedua pemimpin mengadakan pertemuan yang sangat dinantikan pelaku pasar. Kedua pihak mengkonfirmasikan dalam komentar terpisah bahwa mereka tidak berencana untuk menaikan tarif baru terhadap produk masing-masing pada saat ini. Kantor berita China, Xinhua melaporkan kedua Presiden sepakat “untuk memulai kembali konsultasi perdagangan antara negara mereka berdasarkan kesetaraan dan saling menghormati”.

Gold Trading

Presiden Trump mengatakan pembicaraan telah berjalan sebaik mungkin, dan negosiasi dengan China akan terus berlanjut. “Kami akan segera kembali ke jalurnya”, kata Trump. Terkait masalah Huawei, perusahaan raksasa telekomunikasi asal China yang digambarkan Washington sebagai resiko keamanan bagi AS dan sekutu, Trump menyarankan dia akan membawa hal tersebut pada negosiasi lebih lanjut. Trump mengatakan ia akan mengizinkan Huawei berdagang dengan perusahaan AS selama tidak ada masalah keamanan nasional, dan aka nada pertemuan untuk membahas mengenai Huawei secara lengkap.

Apa yang dihasilkan dari pertemuan bilateral kedua pemimpin negara ekonomi yang sedang bersengketa tersebut telah memberikan sentiment positif untuk pasar global. Diawal perdagangan Senin pagi, dolar AS menguat terhadap mata uang dan asset safe haven seperti yen Jepang dan Gold atau emas.

Analis JAVAFX

Swendy