Tujuh polisi Kolombia tewas terkena ledakan

Tujuh orang polisi tewas dan satu lagi terluka setelah kendaraan yang mereka tumpangi terkena ledakan di Kolombia barat pada Jumat, kata pemerintah.

Insiden itu menjadi serangan paling mematikan terhadap pasukan keamanan di Kolombia sejak Presiden Gustavo Petro menjabat pada 7 Agustus lalu dan berjanji akan mengakhiri konflik yang telah berlangsung 60 tahun.

“Saya menolak dengan tegas serangan dengan peledak di San Luis, Huila,” kata Petro di Twitter, seraya mengatakan ada delapan orang tewas, tetapi kemudian dikoreksi.

“Tindakan ini jelas-jelas menyabotase perdamaian total,” katanya.

Petro, mantan pemberontak M-19, telah menjanjikan “perdamaian total” dengan melanjutkan perundingan bersama pemberontak sayap kiri ELN dan mengajukan kembali kesepakatan damai 2006 yang ditolak oleh bekas gerilyawan FARC yang membangkang.

FARC atau Angkatan Bersenjata Revolusi Kolombia adalah kelompok pemberontak yang membubarkan diri pada 2017.

Petro juga berunding dengan geng-geng kriminal agar mereka menyerahkan diri dengan imbalan pengurangan hukuman.

Kepolisian nasional dan kejaksaan agung mengatakan pada Jumat malam bahwa tujuh polisi, tiga di antaranya berusia 20 tahun ke bawah, tewas dan satu terluka.

Kendaraan yang mereka tumpangi terkena ledakan, menurut kepolisian.

Petro berangkat ke Kota Neiva dengan menteri pertahanan dan pejabat lainnya untuk menggelar pertemuan keamanan setelah serangan terjadi.

Dia tidak menyebut siapa pelaku serangan itu, tetapi para pembangkang FARC masih beroperasi di daerah tersebut, menurut sumber-sumber keamanan.

Mereka mengaku memiliki 2.400 orang petempur dan menolak kesepakatan damai yang dinegosiasikan oleh pemimpin mereka sebelumnya, menurut pemerintah.

Beberapa pemimpin pemberontak telah terbunuh baru-baru ini.

Konflik di Kolombia yang melibatkan pemerintah, pemberontak sayap kiri, paramiliter sayap kanan dan penyelundup narkoba telah menewaskan sedikitnya 450.000 orang pada 1985-2018 saja.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.