Ukraina incar tentara Rusia yang membahayakan PLTN Zaporizhzhia

Ukraina mengincar para tentara Rusia yang menembaki pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia atau yang menggunakannya sebagai tempat penembakan.

“Setiap tentara Rusia yang menembak ke arah pembangkit itu, atau menembak dari tempat itu, harus mengerti bahwa dia menjadi target khusus bagi para agen rahasia kami, bagi pasukan khusus kami, bagi tentara kami,” kata Presiden Volodymyr Zelenskyy dalam pidatonya, Sabtu malam.

Dia tidak menjelaskan hal itu lebih jauh, tetapi mengulangi lagi tudingan bahwa Rusia menggunakan PLTN itu sebagai “pemerasan nuklir”.

Ukraina dan Rusia telah berbalas tudingan atas sejumlah insiden penembakan ke fasilitas nuklir di Ukraina selatan itu.

PLTN yang menempati lahan luas di kawasan selatan waduk besar Sungai Dnipro itu telah diduduki pasukan Rusia sejak awal invasi.

Namun, tentara Ukraina yang mengendalikan kota-kota kecil dan besar di seberang sungai itu telah dibombardir oleh pasukan Rusia dari kawasan itu.

Penasihat Presiden Ukraina Mykhailo Podolyak menuduh Rusia menyerang sebagian kawasan di PLTN tersebut, yang memasok listrik bagi Ukraina selatan.

“Tujuannya, memutus akses kami ke (pembangkit) itu dan menyalahkan tentara Ukraina,” kata Podolyak di Twitter.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) berniat untuk memeriksa PLTN itu.

IAEA telah memperingatkan kemungkinan terjadinya bencana nuklir kecuali pertempuran dihentikan.

Para pakar nuklir mengaku khawatir dengan kerusakan tempat penyimpanan bahan nuklir bekas atau reaktor di pembangkit itu.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menyerukan dibentuknya zona demiliterisasi di sekitar PLTN Zaporizhzhia.

Pemerintah Ukraina beberapa pekan lalu mengatakan pihaknya berencana melakukan serangan balik untuk merebut kembali Zaporizhzhia dan provinsi Kherson.

Provinsi itu menjadi wilayah terbesar yang telah dikuasai Rusia sejak menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Pasukan Rusia dan Ukraina sebelumnya bertempur untuk memperebutkan Chernobyl, PLTN yang pernah menjadi bencana nuklir terburuk di dunia.

Pertempuran di tempat yang masih dipenuhi bahan radioaktif itu juga sempat memicu kekhawatiran dunia.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.