Yen Melemah Akibat Pernyataan Powell

Mata uang Yen mulai melemah terhadap Dolar AS hari Rabu ini akibat pernyataan Powell yang mengatakan bahwa Bank Sentral AS / The Fed tidak akan agresif dalam memangkas suku bunga. USDJPY terlihat semakin naik dari posisi terendahnya kemarin di level 106.76 ke level 107.46. Powell menyatakan bahwa The Fed tetap independent dan tidak terpengaruh terhadap tekanan Trump yang mendesak terus agar The Fed menurunkan suku bunga dan juga tidak terpengaruh kepada spekulasi pasar yang melihat bahwa The Fed akan melakukan pemotongan suku bunga secara agresif. Powell menyatakan bahwa dia tidak perduli terhadap kekecewaan pasar.

Gold Trading

Presiden The Fed St. Louis, James Bullard yang mendukung pemotongan suku bunga pada rapat FOMC minggu lalu justru mengesampingkan pemotongan suku buku bunga langsung sebesar 50 Bps dan hanya memikirkan pemotongan sebesar 25 Bps saja.

Akibat kedua pernyataan ini, Dolar AS mulai menguat kembali terhadap Yen Jepang. The Fed berencana akan kembali mengumumkan mengenai suku bunganya pada 31 Juli 2019 waktu Amerika atau 1 Juli 2019 dini hari Waktu Indonesia bagian Barat. Secara teknikal hari ini, USDJPY diprediksi akan akan terus naik menuju resisten dua pada level 107.74.