ABN AMRO : Reli Emas Siap Ke $1500

JAVAFX – Setelah menembus harga tertinggi harga baru selama enam tahun ini, pada hari Kamis, cukup wajar bila emas kemudian melakukan koreksi. Aksi jual kecil itu wajar-wajar saja di pasar yang ingin naik lebih tinggi, sehingga memiliki pijakan yang lebih kuat untuk menuju ke harga $ 1.500.

Logam harus terus menembus ke atas dengan periode konsolidasi dan sell-off sesekali. Sampai sesuatu berubah, semua penurunan untuk mendukung emas ke $ 1.420 dalam emas. Logam kuning melakukan reli saat ini, tetapi tahun depan akan melihat reli baru yang akan membawa harga ke level $ 1.500 per ons, menurut bank Belanda ABN AMRO.

Emas melakukan reli yang mengesankan pada bulan Juni dengan membawa harga ke posisi tertinggi baru enam tahun di atas $ 1.440 per ounce. Setelah menembus level kunci tersebut, emas merangkul jeda alami, diperdagangkan stabil di sekitar level $ 1.420 dengan emas berjangka Comex Agustus lalu di $ 1.428,00, naik 0,09% pada hari itu.

“Kami sekarang berpikir mereka telah naik terlalu cepat,” tulis ahli strategi logam mulia ABN AMRO Georgette Boele dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada hari Jumat.

Dalam jangka pendek, Boele berharap untuk melihat tekanan pada harga emas karena pasar mencerna rally baru-baru ini dan Federal Reserve gagal memangkas suku bunga seagresif yang diantisipasi pasar.

“Sejak awal harga Juni naik dari di atas USD $ 1.305 menjadi $ 1.440 per ounce atau 10% lebih tinggi,” tulis Boele. “Prospek penurunan suku bunga di AS dan di tempat lain telah menjadikan emas sebagai aset investasi yang lebih menarik.”

Emas dapat melihat pergerakan sementara turun ke level $ 1.350 per ons dengan posisi net-long yang besar membatasi potensi kenaikan logam, tambah ahli strategi.

“Kami mengharapkan penurunan suku bunga 25bp sementara pasar melihat probabilitas 45% dari penurunan suku bunga 50bp. Jika Fed hanya memotong 25bp pada akhir bulan ini maka ini mungkin akan memicu gelombang profit taking dalam harga emas, mendorong harga menuju USD $ 1.350 per ons, ”katanya.

Kejutan besar ke atas untuk emas dalam jangka pendek bisa menjadi penurunan tiba-tiba di A.S. dolar, yang diberi harga oleh ABN AMRO hanya untuk tahun 2020.

“Pelemahan tajam dolar dalam waktu dekat (bukan basis kasus kami) dapat mengurangi dampak penurunan suku bunga Fed yang lebih kecil dan mendorong harga emas jauh lebih tinggi,” tulis Boele.

Tahun depan diharapkan menjadi tahun yang solid untuk emas dengan harga melonjak ke $ 1.500 di Q4, Boele menunjukkan.

“Meskipun pandangan kami sedikit bearish untuk harga emas dalam waktu dekat, kami terus memegang pandangan positif untuk harga emas untuk tahun 2020. Ini karena kami memperkirakan pelemahan AS. dolar dan pelonggaran kebijakan moneter secara umum, ”katanya. (WK)

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden Cabut Pemulihan Sanksi PBB atas Iran oleh Trump

Pemerintahan Biden pada Kamis (18/2) membatalkan pemulihan sanksi PBB terhadap Iran oleh mantan presiden Donald Trump. Langkah itu bisa membantu Amerika kembali ke perjanjian nuklir...

Harga Minyak Turun, Ditengah Cuaca Membeku Di AS

JAVAFX - Harga minyak turun sebanyak 2% pada awal perdagangan pada hari Jumat (19/02/2021), melanjutkan penurunan yang terjadi pada sesi perdagangan AS sebelumnya. Penurunan...

Biden Janjikan $4 Miliar untuk Dukung Vaksinasi COVID di Negara Miskin

Presiden Amerika Joe Biden, Jumat (19/2), mengumumkan janji $4 miliar bagi kampanye global guna meningkatkan distribusi vaksin COVID-19 ke negara-negara miskin. Tampil pertama kali sebagai...

Mahkamah Agung AS Ijinkan Penyerahan Catatan Pajak Trump

Mahkamah Agung (MA) AS, Senin (22/2) membuka jalan untuk diserahkannya catatan pajak Donald Trump kepada jaksa. Keputusan itu menolak upaya terbaru mantan presiden tersebut yang...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502