Ada Intervensi Pejabat Jepang, Yen Menguat Tajam

Yen Jepang naik tajam terhadap dolar pada hari Kamis setelah pihak berwenang melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk pertama kalinya sejak 1998 untuk menopang mata uang yen yang babak belur. 

Dolar turun lebih dari 1% ke level 142,3 yen, setelah sebelumnya diperdagangkan lebih dari 1% lebih tinggi terhadap mata uang Jepang. 

Pemerintah Jepang melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk menjual dolar demi yen untuk membendung penurunan tajam mata uang Jepang baru-baru ini, diplomat mata uang terkemuka Masato Kanda mengatakan pada hari Kamis.

“Mengingat bahwa kami baru saja BOJ mendukung kebijakan moneter yang sangat longgar dan itu terjadi tepat setelah The Fed mendukung pandangan hawkish, saya pikir fundamental akan mendorong dolar/yen lebih tinggi,” kata kepala strategi mata uang Rabobank Jane Foley.  “Tapi apa yang dilakukan Jepang adalah mengirimkan sinyal bahwa itu bukan tumpangan gratis untuk mendorong dolar/yen lebih tinggi.”

Terhadap mata uang utama lainnya, dolar mencapai tertinggi multi-tahun setelah Federal Reserve mengejutkan pasar dengan proyeksi suku bunga hawkish, sementara franc Swiss jatuh setelah bank sentral menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin yang diharapkan. 

Dolar dan euro keduanya naik lebih dari 1% terhadap franc Swiss, dengan dolar bertahan di 0,9764, dan euro di 0,9628. Swiss National Bank menaikkan suku bunga kebijakannya menjadi 0,5% dari level minus 0,25% yang ditetapkan pada bulan Juni – hanya kenaikan kedua dalam 15 tahun.

“Saya pikir reaksi besar di EUR/CHF turun ke pandangan bahwa SNB bisa melakukan 100 basis poin, mengikuti Riksbank (Swedia) awal pekan ini. Saya pikir reaksi pasar, reli EUR/CHF, agak berlebihan,” kata Chris Turner, kepala pasar global di ING.

Dolar juga lebih kuat terhadap mata uang utama lainnya dan indeks dolar – yang mengukur unit AS terhadap sekeranjang enam mitra – sebelumnya naik setinggi 111,81 untuk pertama kalinya sejak pertengahan 2002.

Euro melemah ke level terendah baru 20 tahun di $0,9807, dan sterling jatuh ke level terendah baru 37 tahun di $1,1213.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.