Akhirnya Tiba, Harga Minyak Koreksi


JAVAFX – Harga minyak mengalami mundur penuh di sesi perdagangan Asia, pada Kamis (28/10/2021) setelah sesi semalam yang sangat lemah. Ini sepertinya koreksi turun yang telah lama ditunggu-tunggu.

Pasar memanfaatkan momentum kenaikan pasokan minyak mentah AS, yang melonjak secara tak terduga sebesar 4,27 juta barel selama sepekan. Ini mengirimkan getaran panjang ke komunitas spekuan. Pun demikian, pasar mengabaikan penurunan besar dalam stok bensin, dan penurunan sebesar 3,90 juta barel yang sangat mengkhawatirkan dalam stok di Cushing Hub. Sekali lagi, ini merupakan indikasi pasar sangat menantikan dan tidak ingin kehilangan momentum koreksi.


Mungkin alasan utama jatuhnya minyak, terlepas dari ekses panjang spekulatif, adalah berita bahwa Iran mengatakan akan melanjutkan pembicaraan nuklir dengan kekuatan dunia pada akhir November. Prospek pengembalian penuh minyak mentah Iran ke pasar dunia akan sedikit mengubah permainan dan tampaknya menjadi alasan utama penjualan Asia hari ini, ditambah dengan pemusnahan open-interest spekulatif yang panjang.


Pada perdagangan sebelumnya, harga minyak mentah Brent turun 2,30% menjadi $84,15 barel. WTI merosot 2,60% menjadi $84,15 per barel. Brent telah menembus harga dukungan di $84,05, dimana WTI tengah menguji dukungan harga multi-bulannya di awal sesi Asia hari ini.

Kedua jenis minyak ini mewakili perkembangan bearish, dimana minyak mentah Brent telah turun 1,60% menjadi $82,80 di Asia, dan WTI mundur 1,25% menjadi $81,10 pagi ini sejauh ini.

Selanjutnya, potensi turun minyak mentah Brent yang terdekat adalah ke $84,05. Harga Ini memiliki dukungan di $82,00 dan $80,00 per barel. Sementara WTI yang melayang tepat di atas harga dukungan $81,05 tepatnya di $81,15, dimana dukungan harga berikutnya di $79,50. Sementara tolakan harga adalah $82,00 per barel, yang tetap harus diwaspadai.


Kerugian pada kedua minyak ini dapat berlanjut. Mentah Brent dan WTI dapat dengan mudah turun ke $81,00 dan $79,50, dimana WTI berpotensi mengejar Brent.

Jika kabar Iran ini memang benar, bisa membuat kedua kontrak lebih rendah selama sesi. Namun, saya memperkirakan fundamental jangka pendek pasar fisik untuk menegaskan kembali paling lambat awal minggu depan, jika tidak besok, dan harga minyak mulai naik sekali lagi. Khususnya, indeks penguatan secara relatif pada kedua kontrak telah jatuh kembali ke wilayah netral, lebih lanjut meningkatkan gambaran buy-the-dip bagi para pemberani.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.