Aksi Penguatan Safe haven Berlanjut Ditengah Pelemahan Euro dan Pound

JAVAFX –  Mata uang yen Jepang dan dolar AS menguat pada akhir sesi Asia Selasa siang seiring meningkatnya pengalihan resiko investor ke aset aman atau safe haven ditengah ketidakpastian politik di Eropa. Para investor mengkhawatirkan ketidakpastian politik di Italia dan juga seputar perkembangan pembicaraan Brexit dapat terus melemahkan mata uang euro dan pound.

Reuters melaporkan pada akhir pekan lalu bahwa pemerintah Italia mengharapkan komisi Eropa untuk memutuskan untuk pertama kalinya meminta Negara-negara anggota untuk merevisi rancangan anggarannya pada pekan ini. “Utang publik Italia senilai 2,3 triliun euro ($ 2,65 triliun), salah satu yang terbesar di dunia, membuat negara itu rentan dan potensial menularkan bagi negara-negara zona euro lainnya,” lapor Reuters mengutip tiga sumber tanpa nama.

“Ketegangan cenderung meningkat antara Roma dan Brussels, terutama jika Dewan Eropa meluncurkan ‘Prosedur Defisit Berlebihan’ terhadap Italia,” kata Philip Wee, ahli strategi mata uang di DBS dalam sebuah catatan. “Ini akan mengharuskan Italia untuk menyediakan rencana tindakan korektif untuk mengendalikan utang publik yang besar, saat ini sebesar 130 persen dari PDB vs aturan Maastricht 60 persen,” tambah Wee.

Sementara itu dari Inggris, poundsterling juga terpukul oleh kekhawatiran atas kebuntuan proses pembicaraan Brexit antara Inggris dan Uni Eropa. Mata uang euro dan pound rentan aksi jual sehingga para investor beralih ke aset lebih aman seperti yen dan dolar AS. Jika euro dan pound masih terus tertekan bukan tidak mungkin safe haven masih terus diminati oleh investor.

Analis JAVAFX

dari berbagai sumber

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.