Aktivitas Pabrik China Meluas, Tetapi Tingkat Pengangguran Terus Melebar Serta Ekspor Yang Lemah

JAVAFX – Sebuah survei menunjukkan pada hari Rabu (1/7) menunjukkan bahwa aktivitas pabrik China tumbuh pada kecepatan yang lebih cepat pada bulan Juni setelah pemerintah mengangkat langkah-langkah penguncian virus corona dan meningkatkan langkah-langkah dukungan, namun krisis kesehatan terus menekan ekspor dan pekerjaan.

Indeks Manajer Pembelian Manufaktur Caixin / Market (PMI) naik menjadi 51,2 bulan lalu, laju pertumbuhan tercepat sejak Desember, dan naik dari 50,7 Mei. Tanda 50 memisahkan pertumbuhan dari kontraksi setiap bulan.

Gold Trading

Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan pembacaan 50,5.

Ekonomi China secara bertahap muncul dari kontraksi tajam 6,8% pada kuartal pertama, dengan sebagian besar negara dibuka kembali setelah beberapa lama mengalami gangguan di awal tahun karena tindakan penguncian yang ketat.

Tetapi permintaan tetap tenang, karena banyak produsen masih berjuang dengan mengurangi atau membatalkan pesanan luar negeri di tengah permintaan global yang goyah.

Sementara beberapa mitra dagang China mengurangi pembatasan dan mem-boot kembali perekonomian mereka, banyak yang masih bergulat dengan pandemi sementara gelombang infeksi di seluruh dunia selama sepekan terakhir telah meningkatkan risiko resesi global yang lebih dalam dan berkepanjangan.

Konsumen juga tetap berhati-hati di tengah-tengah kehilangan pekerjaan dan kekhawatiran akan gelombang infeksi baru di China ketika sekelompok orang muncul di Beijing bulan lalu.

Pesanan ekspor baru tetap kuat di wilayah kontraksi, survei menunjukkan, meskipun penurunan mereda dari penurunan tajam pada Mei.

Pemerintah telah meluncurkan langkah-langkah pelonggaran tahun ini, termasuk pemotongan persyaratan cadangan dan dukungan pinjaman yang ditargetkan dan keringanan pajak untuk perusahaan-perusahaan yang terkena virus. Ini juga telah meningkatkan penerbitan obligasi lokal dengan harapan memacu pertumbuhan infrastruktur.

Meskipun ada kenaikan dalam pesanan domestik, prospek yang tidak pasti memaksa pabrik untuk memotong gaji karyawan untuk dalam enam bulan berturut-turut, dengan laju pelepasan pekerjaan yang semakin cepat. Menghindari pengangguran massal adalah prioritas utama pemerintah, dengan target untuk menciptakan lebih dari 9 juta pekerjaan perkotaan tahun ini.

Mengingat prospek yang tidak pasti, pemerintah mengatakan pada akhir Mei tidak menetapkan target pertumbuhan tahunan, untuk pertama kalinya sejak 2002.

Sebuah survei resmi pada hari Selasa juga menunjukkan aktivitas pabrik China tumbuh pada kecepatan yang lebih cepat pada bulan Juni tetapi perusahaan-perusahaan kecil masih menderita dan eksportir berjuang dengan menyusutnya pesanan, menunjukkan pemulihan yang tidak merata.