Analisa Fundamental, 22 Mei 2017

0
95

JAVAFX – Mengawali perdagangan minggu ini, pergerakan pasar forex masih berpihak kepada mata uang yang berlawanan terhadap dolar AS, sedangkan untuk harga komoditas seperti emas maupun minyak justru memanfaatkan momentum pelemahan yang sedang di alami oleh greenback dengan membukukan kenaikan mingguan.

Sepekan lalu, pergerakan dolar AS tengah dibatasi oleh kondisi politik dalam negeri yang sedang mengalami kegaduhan. Presiden Donald Trump tengah diselimuti dugaan bahwa adanya persengkokolan diantara tim kampanye Trump dengan Rusia pada Pemilu 2016 lalu. Hal itu tentunya telah menciptakan polemik dibeberapa kalangan media dunia.

Di sisi lain, tidak stabilnya kondisi politik dalam negeri ini telah menyisakan kekhawatiran atas kelanjutan pergerakan dolar AS dalam waktu dekat. Diproyeksikan bahwa pergerakan dolar AS akan tetap dibatasi, dan untuk rival utama dari greenback sendiri akan memiliki ruang gerak yang lebih luas untuk mengungguli dolar.

Akibat dari kondisi tersebut maka pergerakan harga emas dan minyak akan lebih diuntungkan, mengingat pergerakan dolar cenderung berlawanan terhadap harga komoditas. Pada pekan lalu, harga emas kontrak Juni telah berhasil membukukan kenaikan mingguan dengan ditutup pada level $1.253.60 per troy ounce.

Sementara untuk pergerakan blackgold, dengan minyak West Texas Intermediate kontrak Juli berhasil ditutup naik pada level $50.33 per barel. Momentum kenaikan harga minyak juga dipengaruhi oleh kesepakatan baru yang diraih oleh Rusia dengan Arab Saudi, dimana Arab Saudi setuju untuk membatasi hasil produksi dalam upaya mengantisipasi cadangan minyak global yang berlebih.

Selain itu, adapun beberapa agenda penting yang akan dihadapi para pelaku pasar dalam menghadapi perdagangan minggu ini. Berikut ini telah kami rangkum data – data ekonomi yang diperkirakan memiliki dampak besar terhadap pasar.

 

 

SENIN, 22 Mei 2017

Eurogroup Meeting / Eropa

 

SELASA, 23 Mei 2017

Pidato PM Theresa May (Inggris)

IFO Sentimen Bisnis Jerman (Eropa)

PMI Manfaktur Eropa (Eropa)

PMI Jasa Eropa (Eropa)

Pulic Sector Net Borrowing (Inggris)

Inflation Report Hearings (Inggris)

New Home Sales (Amerika Serikat)

 

RABU, 24 Mei 2017

Pidato Mario Draghi / Eropa

Existing Home Sales / Amerika Serikat

Crude Oil Investories / Amerika Serikat

 

KAMIS, 25 Mei 2017

FOMC Meeting / Amerika Serikat

Second Estimate GDP / Inggris

OPEC Meeting

Unemployment Claims / Amerika Serikat

Trade Balance / Amerika Serikat

 

JUMAT, 26 Mei 2017

Prelim GDP / Amerika Serikat

Durable Goods Orders / Amerika Serikat

UoM Consumer Sentiment / Amerika Serikat